Selasa, 06 April 2021 08:02

Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Diisukan Jadi Calon Wagub Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Diisukan Jadi Calon Wagub Sulsel

Andi Sumangerukka diisukan menjadi jalan tengah dari tiga parpol yang berebut jawaban wagub Sulsel.

RAKYATKU.COM - Mayjen TNI Andi Sumangerukka resmi melepas jabatan panglima Kodam XIV Hasanuddin. Penggantinya, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, sudah tiba di Makassar.

Setelah pensiun, Andi Sumangerukka disebut-sebut bakal menjadi wakil gubernur Sulsel. Dia akan menggantikan Andi Sudirman Sulaiman yang naik menjadi gubernur pengganti Nurdin Abdullah.

Sumber Rakyatku.com menyebut, pembicaraan ke arah itu sudah dilakukan. Andi Sumangerukka dianggap menjadi jalan tengah tiga parpol pengusung yang sama-sama menginginkan kadernya mengisi posisi wagub.

Baca Juga : PAN Belum Bahas Kandidat Wakil jika Nurdin Abdullah Tidak Bisa Lagi Jabat Gubernur Sulsel

Pada Pilkada 2018, pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman diusung PDIP, PAN, dan PKS. Masing-masing ketua parpol itu berharap bisa jadi wagub.

Jika dihitung dari jumlah kursi di DPRD Sulsel, maka yang paling berpeluang adalah PDIP dan PKS. Kedua parpol sama-sama memiliki 8 kursi. Sementara PAN, 7 kursi.

 

Selama ini, walau tidak secara resmi mengaku sebagai kader, Nurdin Abdullah diidentikkan dengan PDIP. Apakah jabatan wagub diserahkan kepada PDIP lagi? Tidakkah PKS dan PAN iri?

Baca Juga : Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Jadi Kandidat Wagub Sulsel, Begini Respons PKS

Dari sini lah muncul nama Andi Sumangerukka. Putra daerah yang kebetulan segera memasuki masa pensiun. Tak banyak diketahui, dia sudah banyak berperan di Sulsel. Salah satunya dalam penanganan pandemi Covid-19.

Lepas Sambut Pangdam

Tadi malam, pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bertemu Andi Sumangerukka. Pertemuan terjadi dalam acara lepas sambut pangdam lama dan baru di Balai Prajurit M Jusuf Makassar, Senin malam (5/4/2021).

Baca Juga : Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Jadi Kandidat Wagub Sulsel, Begini Respons PKS

Andi Sudirman Sulaiman menghaturkan terima kasih kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka selama bertugas sebagai panglima Kodam XIV Hasanuddin.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka atas pengabdian, dedikasi, dan loyalitasnya dalam menunaikan amanah dan tanggung jawab selama bertugas di Kodam XIV Hasanuddin. Terima kasih atas kontribusi dalam menciptakan suasana kondusif sehingga pembangunan di Sulawesi Selatan dapat berjalan aman dan lancar. Kami mendoakan beliau bisa jauh lebih sukses," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Ia mengatakan, sosok Mayjen TNI Andi Sumangerukka memiliki peran besar dalam penanganan pandemi Covid-19 di Sulsel. Bahkan Andi Sumangerukka yang menginisiasi Balai Prajurit M Jusuf sebagai posko penanganan Covid-19 Sulsel.

Baca Juga : Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Jadi Kandidat Wagub Sulsel, Begini Respons PKS

"Kami juga mengucapkan selamat datang kepada Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno sebagai Pangdam XIV Hasanuddin yang baru. Semoga sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dapat terus berlanjut dalam mewujudkan Sulsel yang aman dan kondusif," tambahnya.

Dengan kehadiran Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Andi Sudirman Sulaiman berharap peran Kodam XIV Hasanuddin senantiasa dalam melayani dan pengabdian ke masyarakat.

"Selamat datang di Sulawesi Selatan. Anggap Sulawesi Selatan sebagai rumah sendiri untuk bekerja jauh lebih baik ke depan. Mudah-mudahan dengan team work bersama untuk memberikan solusi terbaik ke depan," ungkapnya.

Baca Juga : Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Jadi Kandidat Wagub Sulsel, Begini Respons PKS

Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjabat sebagai panglima Kodam XIV Hasanuddin sekitar 1 tahun 3 bulan, sejak Januari 2020 lalu. Kini, Mayjen TNI Andi Sumangerukka digeser menjadi perwira tinggi Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

"Saya pertama kali bertugas sebagai Pangdam XIV Hasanuddin berkomitmen untuk mencurahkan segenap tenaga dan pikiran demi Kodam XIV Hasanuddin. Dalam kondisi pandemi Covid-19, kita telah melewati berbagai tantangan bersama, kami terus menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan Covid-19 dan bencana alam," katanya.

Dirinya pun meyakini di bawah kepemimpinan Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno sebagai panglima Kodam XIV Hasanuddin yang baru bisa menjadikan Kodam XIV Hasanuddin lebih baik.

Baca Juga : Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Jadi Kandidat Wagub Sulsel, Begini Respons PKS

"Beliau jauh lebih muda dan energik. Kami berharap sinergitas antara Kodam XIV Hasanuddin dan pemerintah daerah dalam membangun Kodam XIV Hasanuddin semakin baik dan maju," tambahnya.

Salah satu upaya dilakukan Kodam XIV Hasanuddin bersama Pemprov Sulsel yakni dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Sebelumnya angka penyebaran (positif rate) tinggi, namun mengalami kemajuan dengan penurunan angka positif.

"Hal ini dapat diraih berkat kerja sama pemerintah daerah dan stakeholder serta dukungan dari masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur dan segenap unsur forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan segenap instansi/unsur terkait di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara atas dukungan dan kerja samanya. Kami berharap dukungan dan kerja sama ini agar terus berlanjut bersama bapak Pangdam XIV Hasanuddin yang baru," sebutnya.

Baca Juga : Mantan Pangdam Hasanuddin Andi Sumangerukka Jadi Kandidat Wagub Sulsel, Begini Respons PKS

Adapun Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XIV/Hasanuddin memohon doa restu untuk melaksanakan tugas di Kodam XIV Hasanuddin.

Penulis : Syukur
#calon wagub sulsel #andi sumangerukka