Senin, 05 April 2021 14:50

Jalankan Titah Plt Gubernur Sulsel, Dinsos Gercep Distribusikan Bantuan Korban Bencana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat memantau ketinggian air di Sungai Jeneberang, Jembatan Kembar, Kabupaten Gowa, beberapa waktu lalu.
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat memantau ketinggian air di Sungai Jeneberang, Jembatan Kembar, Kabupaten Gowa, beberapa waktu lalu.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Beberapa hari terakhir ini, Sulsel dilanda cuaca ekstrem, hujan dan angin kencang di beberapa kabupaten/kota. Cuaca buruk ini memberi dampak pada sebagian warga.

Terkait hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, langsung mengintruksikan kepada Dinsos Sulsel untuk bergerak cepat alias gercep dalam penanganan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana.

"Kita diharapkan memiliki kepekaan untuk peduli kepada masyarakat yang menjadi korban bencana. Selalu tanggap, siap siaga, dan segera melakukan tindakan yang diperlukan," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Sulsel, Herman, Senin (5/4/2021).

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Terkait penanganan bantuan tersebut, Tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel telah berkunjung ke lokasi terdampak angin kencang di Desa Bantimanurung, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto.

"Teman-teman dari Tagana Jeneponto telah melakukan asesmen. Kami juga melihat langsung kondisi korban terdampak atas arahan dari Bapak Plt Gubernur. Di sana ada satu rumah rusak berat, dan satu rumah rusak sedang," tambahnya.

Selain si Jeneponto, Dinsos Sulsel telah berkunjung membawa bantuan di Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pangkep. Bantuan itu untuk masyarakat yang terdampak angin puting beliung. Sementara bencana banjir di Kabupaten Wajo, Dinsos Sulsel terus berkoordinasi dengan kabupaten dan informasi terakhir banjir telah surut. Sementara di Bantaeng, terjadi abrasi di pesisir pantai.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

"Kami juga terus melakukan berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten. Dan Alhamdulillah, bantuan sudah disalurkan kepada korban abrasi pantai," jelasnya.

Dalam rangka percepatan penanganan bantuan dari Dinas Sosial Sulsel, pihaknya juga sudah mendistribusikan bantuan logistik ke 24 kabupaten/kota. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pelayanan ke masyarakat ketika ada bencana. Sehingga, kabupaten/kota sudah siap memberikan bantuan.

"Dinas Sosial Sulsel pun siap mengirimkan bantuan ketika kabupaten/kota meminta tambahan bantuan," katanya lagi.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel. Dalam kondisi cuaca saat ini, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan yang terjadi.

"Cuaca yang ekstrem membuat pohon tumbang dan merusak rumah warga. Kami sudah instruksikan Dinsos untuk turun membawakan bantuan. Serta terima kasih kepada Tim Social Care Dinsos Sulsel yang dipimpin Kabid Linjamsos yang telah turun ke lokasi terdampak bencana," kata Andi Sudirman.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Dinsos Makassar