Kamis, 25 Maret 2021 07:35

Musrenbang Anak di Barru, Pemda Fasilitasi Anak Rancang Kebutuhan Sendiri

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Musrenbang Anak di Barru, Pemda Fasilitasi Anak Rancang Kebutuhan Sendiri

Musrenbang anak Kabupaten Barru dihadiri tokoh pemerhati anak, perwakilan genre dan perwakilan forum anak kabupaten dan kecamatan.

RAKYATKU.COM,BARRU - Setelah selama ini, Forum Generasi Berencana Barru menjadi trending topik nasional, dengan diraihnya posisi terbaik di event Duta Genre Nasional.

Demikian pula, aktivitas Forum Anak Barru, yang turut serta melibatkan diri mengharumkan nama daerah dengan serangkaian aktivitas sosial.

Kini, Bupati Barru Suardi Saleh menaruh kepercayaan dengan memberi ruang kepada anak dalam mendesain rancang bangun kebutuhan anak.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Dengan tema, "Bersama Mewujudkan Aspirasi Anak untuk Mendukung Menjadi Kabupaten Layak Anak", digelar musrenbang anak di aula DPMD Barru, Selasa (23/3/2021).

"musrenbang anak dilakukan secara berjenjang, mulai tingkat desa dan kelurahan, kecamatan, dan saat ini dilaksanakan tingkat kabupaten, kami sangat apresiasi anak-anakku sekalian, melaksanakan musrenbang anak pertama kalinya di Barru," sebut Bupati Suardi Saleh di hadapan tokoh pemerhati anak, perwakilan Genre dan perwakilan Forum Anak kabupaten dan kecamatan.

Baca Juga : Sanggar Seni Colliq Pujie Barru Terima Bantuan Uang Dari Kemensos

Ia menyebut bahwa anak yang dilibatkan dalam musrenbang adalah anak-anak pilihan, terbaik dari tiap kecamatan yang harus diberi ruang mengekspresikan dan ungkap pendapat dalam hal membuat perencanaan pembangunan.

Hadir di Musrenbang anak, anggota DPR RI Hasnah Syam MARS, selaku ketua TP PKK Barru, Wakil Bupati Barru Kompol (purn) Aska Mappe, Sekda Barru, Abustan dan Kadis Pendidikan Andi Adnan.

"Mari, sama-sama membangun komitmen, menjadikan Kabupaten Barru sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA)," seru Suardi Saleh.

Baca Juga : Rumah Terbakar, Warga Mengaku Sempat Lihat Petir

Musrenbang anak sendiri, bertujuan menghadirkan perencanaan pembangunan dalam RPJMD yang mengakomodasi partisipasi dan memenuhi hak anak.

Perangkat daerah yang mengurusi pemberdayaan anak, mengungkap bahwa kegiatan ini perdana dan banyak pelajaran yang dapat dipetik disertai pengalaman langsung untuk kemajuan Pemberdayaan Anak Barru.

Baca Juga : Usai Pelantikan, Bunda PAUD Kiru-Kiru Diminta Segera Berinovasi

"Musrenbang ini, wadah menyampaikan aspirasi anak-anak, sehingga dapat menjadi pelopor dan pelapor, untuk menjadi bahan perencanaan selanjutnya, sekaligus mengupayakan semangat Yassiberrui mendapatkan pengamalan dini, dalam bentuk musyawarah bagi anak-anak kita," sebut Jamaluddin selaku kepala DPMD, PPKB, dan PPPA Barru, sebagai leading sector pelaksana musrenbang.

Berdasarkan data, saat ini tercatat ada 63 Forum Anak yang telah terbentuk di setiap level. Upaya Pemda Barru di beberapa tahun terakhir menggalang sumber daya anak untuk terlibat dalam aktivitas positif, semakin intens dan patut diacungi jempol.

Penulis : Achmad Afandy
#barru #musrenbang anak