Rabu, 24 Maret 2021 16:50

Punya Lebih dari 1 Kartu Kredit? Waspadai Penggunaannya untuk Hal-Hal Berikut Ini agar Tidak Merugikan Anda

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Perlu diingat, seseorang bisa kehilangan kepercayaan dari pihak bank jika sampai mengalami masalah kredit macet.

RAKYATKU.COM - Apakah Anda mempunyai lebih dari satu kartu kredit? Mungkin awalnya Anda ingin mempermudah pendapatan kucuran dana dengan mendapatkan lebih banyak manfaat dari dua buah kartu kredit.

Namun, jika tidak berhati-hati, dua kartu kredit bisa menjadi petaka tersendiri. Yang mutlak harus diingat adalah berbelanja dengan bijak. Ekstra kartu kredit bisa menyebabkan timbulnya keinginan berbelanja dengan ekstra pula. Jika tak mau merugi, hendaknya Anda ekstra berhati-hati.

Saat memiliki dua kartu kredit, tentu ada beberapa hal yang mesti dihindari. Anda tentu tidak mau hidup boros dan lebih besar pasak daripada tiang.

Perlu diingat, seseorang bisa kehilangan kepercayaan dari pihak bank jika sampai mengalami masalah kredit macet. Pantau dan waspadai penggunaan kedua kartu kredit Anda untuk hal-hal berikut agar kelak tidak mendatangkan kerugian di kemudian hari.

1. Menggunakan Kartu Kredit saat Sudah Memiliki Kartu Debit
Sebenarnya, kartu debit akan lebih cocok bagi Anda yang mungkin kerap kurang pengendalian diri dalam berbelanja. Tak perlu mempunyai dua kartu kredit jika sudah cukup dengan kartu debit.

 

Ingat, mempunyai kartu kredit bukan berarti Anda bebas dan hidup tenteram. Kita akan makin was-was dikejar tagihan kartu kredit. Lain halnya jika menggunakan kartu debit yang notabene adalah uang tabungan sendiri yang tidak perlu dilunasi di kemudian hari.

2. Memanfaatkan Kartu Kredit saat Tidak Diperlukan
Selalu gunakan kartu kredit hanya pada kondisi darurat saja. Kalau belum kepepet, sebaiknya tahan godaan. Jangan lakukan transaksi terlalu banyak dengan menggunakan kartu kredit. Jangan dalam setiap kesempatan memaksa untuk menggunakan kartu kredit.

Hati-hati, jika tagihan kartu kredit sudah keluar (dan ternyata membengkak), Anda tentu tidak mau kebingungan di kemudian hari untuk melunasi di setiap bulannya.

3. Melakukan Pemborosan karena Belum Mencapai Limit
Tips keempat dalam penggunaan credit card adalah limit yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tak baik jika membuat jarak yang terlalu sedikit antara limit dengan pengeluaran.

Misalnya Anda memiliki kartu kredit Mandiri dengan limit 10 juta Rupiah, maka usahakan pemakaiannya maksimal 30% dari limit kartu tersebut yaitu 3 juta Rupiah saja. Hal ini dilakukan supaya rasio utang dan penghasilan bisa lebih seimbang dan tagihan bisa tetap terbayar tiap bulan.

Sebaliknya, akan sangat baik jika limit terbatas dan penggunaan kartu kredit pun sesuai dengan kebutuhan. Trik seperti ini akan membebaskan diri dari bayang-bayang dikejar debt collector saat memiliki lebih dari 2 kartu kredit.

4. Lupa Tanggal Pembayaran
Manfaatkan gadget Anda untuk hal satu ini. Jika sering lupa batas pembayaran kartu kredit, gunakan alarm bukan hanya di agenda harian tapi juga di gadget. Berkali-kali, bila perlu.

Namun, jika cara di atas masih juga gagal, tampaknya memiliki lebih dari 2 kartu kredit bukanlah keputusan yang tepat untuk Anda. Coba pertimbangkan lagi keputusan tersebut dan kurangi keteledoran. Jika sudah berhasil menjadi lebih cermat lagi, siapa tahu ke depannya Anda bisa mulai memiliki lebih dari 2 kartu kredit.

5. Lalai Mengecek Aktivitas Kartu Kredit
Sering-seringlah mengecek aktivitas kartu kredit Anda. Dengan segala aktivitas baik keluar masuk pembayaran tagihan maupun pembelanjaan harus senantiasa terpantau. Jika untuk satu kartu saja masih lalai, mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan satu kartu saja dalam media pembayaran semacam ini.

6. Perhitungan Meleset
Kesalahan yang kerap terjadi pada pengguna dua kartu kredit adalah salah perhitungan. Jika perhitungan meleset, tentu konsekuensi yang besar tengah menanti Anda. Tagihan ekstra yang lebih dari penghasilan bisa jadi sedang mengintai di akhir bulan. Jika ini yang terjadi, hentikan saja pemakaian kartu kredit ganda dengan segera.

7. Kartu Kredit Dipakai Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab
Kartu kredit yang digunakan tanpa kendali bisa dimanfaatkan oleh banyak pihak tak bertanggung jawab. Jadi, bila lingkungan Anda termasuk rentan dalam hal pinjam meminjam kartu kredit ini, hendaknya milikilah satu kartu kredit saja. Jika ada yang hendak meminjam kartu, Anda bisa mengungkapkan bahwa kartu kredit yang dimiliki cuma satu, hampir tiap hari digunakan dan tidak mungkin dipinjam.

8. Terobsesi dengan Online Shopping
Banyak studi psikologi yang membuktikan bahwa berbelanja merupakan terapi yang efektif untuk membuat mood Anda lebih baik dalam sekejap. Apalagi jika kebutuhan banyak sedangkan waktu belanja terbatas, tak ayal online shopping-lah yang menjadi pilihan. Ditambah lagi dengan kehadiran kartu kredit cashback yang semakin menggiurkan.

Namun, rupanya pilihan satu ini bisa membuat kita keranjingan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Jika merasa belum mampu menghilangkan kebiasaan belanja online tanpa batasan budget, stop gunakan satu kartu kredit lebih dari 1 atau hentikan segera hentikan kebiasaan ini.

Bijaksana dalam Menggunakan Kartu Kredit
Dari berbagai macam pilihan penggunaan kartu kredit, Anda dapat memilih yang tepat dan terbaik. Jangan sampai penggunaan kartu kredit ini malah membuat kita merugi alih-alih mempermudah hidup. Bijak dan cerdaslah dalam penggunaannya sehingga berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh bank penyedia kartu kredit dapat dinikmati.

#Kartu kredit #Tips keuangan