Sabtu, 20 Maret 2021 13:40

Rumah Adat Kerajaan Bone Hangus Terbakar, Silsilah Kerajaan dan Meriam Masih Utuh

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rumah Adat Kerajaan Bone Hangus Terbakar, Silsilah Kerajaan dan Meriam Masih Utuh

Barang bersejarah yang ada di dalam rumah adat Kerjaan Bone diantaranya silsilah kerajaan, teddung pulaweng, bosara, baju adat, dan meriam.

RAKYATKU.COM, BONE - Pemerintah setempat memastikan benda pusaka tidak termakan api dalam musibah kebakaran yang melalap rumah Adat Kerajaan Bone (Bola Soba), Sabtu (20/3/2021) dini hari.

Barang bersejarah yang ada di dalam rumah adat Kerjaan Bone diantaranya silsilah kerajaan, teddung pulaweng, bosara, baju adat, dan meriam. Dimana semuanya merupakan benda pusaka.

Sementara benda pusaka asli berada di museum Arajangnge di Kompleks Rujab Bupati Bone di Jl Petta Poenggawa, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang.

Baca Juga : Rumah Warga Terbakar Jelang Buka Puasa, Wakil Bupati Wajo dan Istri Datang Beri Bantuan Pribadi

"Isi di dalam Bola Soba tidak ada benda pusaka yang asli yang memiliki nilai sejarah. Hanya replika saja," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Andi Ansar Amal.

Setelah kejadian tersebut, pihaknya belum mengetahui berapa banyak kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran. Namun ia mengatakan kebakaran tersebut tak bisa dinilai dengan harga.

 

"Ini ikon Bone dari budaya dan memliki nilai sejarah. Tidak ternilai harganya," tambahnya.

Baca Juga : Wali Kota Danny Pomanto Bersama Ketua TP PKK Makassar Bantu Warga Korban Kebakaran Bontoduri VII

Ansar juga mengatakan, Bola Soba tahun ini diusulkan ikut kompetensi di tingkat pusat sebagai warisan budaya tak benda. Ia pun menyebut pemerintah dan semua pihak sangat bersedih dan merasa kehilangan atas kejadian ini.

"Kita rencana usulkan Bola Soba sebagai warisan budaya tak benda. Namun, apa daya, rencana tinggal rencana. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, terkait musibah yang melanda Bola Soba, kita merasa bersedih," sebutnya.

Aparat berwenang masih mendalami penyebab kebakaran tersebut.

Penulis : Syukur
#kebakaran