Sabtu, 20 Maret 2021 08:50

Rumah Adat Kerajaan Bone Hangus Terbakar

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rumah Adat Kerajaan Bone Hangus Terbakar

Rumah Adat Kerajaan Bone atau Saoraja, atau Bola Soba, yang berada di Jalan Latenritatta, Kecamatan Watampone, Kabupaten Bone hangus terbakar.

RAKYATKU.COM, BONE - Rumah Adat Kerajaan Bone atau Saoraja, atau Bola Soba, yang berada di Jalan Latenritatta, Kecamatan Watampone, Kabupaten Bone hangus terbakar
Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 04.00 Wita.

Kabid Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone, Akbar mengatakan, pihaknya langsung menerjunkan personel saat mendapatkan informasi kebakaran tersebut.

Pemadam kebakaran melakukan upaya pemadaman selama 2 jam untuk memastikan seluruh api yang menyebar dengan cepat di rumah panggung itu mati dengan sempurna.

Baca Juga : Rumah Warga Terbakar Jelang Buka Puasa, Wakil Bupati Wajo dan Istri Datang Beri Bantuan Pribadi

"Sebenarnya api berhasil kita kuasai dalam waktu 30 menit, tapi-kan ada proses pendinginan yaitu untuk memastikan seluruh bara tak ada lagi yang menyala," kata Akbar.

Akbar mengatakan hampir seluruh bagian rumah adat Kerajaan Bone itu habis dilalap si jago merah. Adapun yang tersisa dengan utuh pascakebakaran, hanyalah bagian tiang rumah saja serta sisi bagin depan rumah.

 

"Tiangnya masih untuh karena kayunya kan kayu tempo dulu jadi kuat," tambahnya.

Baca Juga : Wali Kota Danny Pomanto Bersama Ketua TP PKK Makassar Bantu Warga Korban Kebakaran Bontoduri VII

Akbar mengatakan, sedikitnya enam unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api yang melalap rumah berbahan kayu itu. Selain itu 70 personel Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone juga dikerahkan untuk berjibaku memadamkan api.

"6 unit mobil Damkar dan 70 personel," katanya.

Penulis : Syukur
#kebakaran