Rabu, 17 Maret 2021 16:03

Pemkot Parepare Mulai Seleksi Peserta Tilawatil Quran

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Parepare Mulai Seleksi Peserta Tilawatil Quran

Pembukaan STQH telah dilakukan oleh Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai isi kandungan Alquran, dan meningkatkan motivasi masyarakat khususnya generasi muda dalam mengikuti kegiatan syariah Islam, Pemerintah Kota Parepare melaksanakan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Tingkat Kota Parepare tahun 2021.

Pembukaan STQH telah dilakukan oleh Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim, yang dihadiri Kepala Kementerian Agama Kota Parepare H Abd Gaffar, Pejabat Forkopimda dan beberapa undangan lainnya, di Lapangan Tennis Rumah Jabatan Walikota Parepare, Rabu (17/3/2021).

Wahyuni Chalik selaku Kepala Bagian Kesra Kota Parepare, dalam laporannya menyampaikan, bahwa STQH ini mengangkat Tema “Dengan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits Nabi Tahun2021 Kita Tingkatkan Potensi Generasi Qurani Yang Berakhlakul Karima Demi Mewujudkan Parepare Menjadi Kota Religius, Kota Ulama dan Kota Santri”.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Dimana, lanjut dia yang akan menjadi terbaik 1 akan mewakili Kota Parepare pada STQH tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2021 di Kabupaten Sidrap.

"Kegiatan STQH diikuti oleh peserta perwakilan dari 4 kecamatan yang menjadi terbaik satu pada pelaksanaan STQ tingkat kecamatan sebanyak kurang lebih 40 orang. Adapun cabang lomba yang dilaksanakan, tilawah Alquran golongan anak putra-putri, dewasa putra-putri, hifdzil quran,” papar Wahyuni.

Sementara Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan STQH ini dilakukan untuk memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, penyebarluasan Alquran dan Hadis

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

“STQH ini akan menjadikan Alquran dan Hadis sebagai spirit pembangunan berdasarkan pendekatan agama. Juga menjadi salah satu barometer untuk menilai prestasi seni baca Al Qur’an,’Jelas Pangerang.

Pangerang berharap, nilai-nilai Al Qur’an sebagai pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun informal, dan yang terpenting adalah keteladanan para orang tua terhadap anak-anaknya, keteladanan guru di sekolah, dan keteladanan para pemimpin yang memberi pengaruh terhadap masyarakat, baik melalui kebijakan-kebijakan yang dibuatnya, maupun perilaku kepemimpinan yang seringkali menjadi tolak ukur moral masyarakat.

“Melalui pelaksanaan STQH tingkat Kota parepare ini, dapat dijasikan momentum menjadikan Kota Parepare kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Pembukaan STQH tingkat Kota Parepare tersebut ditandai dengan pemukulan gendang oleh Wakil Walikota Parepre bersama Kepala Kementerian Agama Kota Parepare Abd Gaffar.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare