Rabu, 17 Maret 2021 10:06

Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak Segera Tersedia

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak Segera Tersedia

Perusahaan obat Moderna, saat ini telah memulai penelitian dengan menguji vaksin Covid-19 yang mereka produksi untuk anak di bawah 12 tahun.

RAKYATKU.COM - Selama ini vaksin Covid-19 yang mereka produksi untuk anak di bawah 12 tahun.">vaksin Covid-19 yang ada, diperuntukkan hanya untuk populasi usia 18-59 tahun hingga lansia.

Perusahaan obat Moderna, saat ini telah memulai penelitian dengan menguji vaksin Covid-19 yang mereka produksi untuk anak di bawah 12 tahun.

Moderna kini mulai membidik anak-anak termasuk bayi berusia enam bulan. Penelitian ini diharapkan dapat mendaftarkan 6.750 anak sehat di Amerika Serikat dan Kanada.

Baca Juga : Gebyar Vaksin Covid-19, Pemkab Gowa Siapkan Doorprize Puluhan Sepeda Motor

Juru Bicara Moderna, Colleen Hussey menolak untuk mengatakan berapa banyak yang sudah mendaftar atau menerima suntikan pertama.

“Ada permintaan besar untuk mencari tahu tentang vaksinasi anak-anak dan apa fungsinya,” kata Direktur Medis Klinik Vaksin di University of North Carolina dr. David Wohl, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Dalam studi terpisah, Moderna sedang menguji vaksinnya pada 3 ribu anak berusia 12 hingga 17 tahun, dan mungkin memberikan hasil untuk kelompok usia tersebut pada musim panas.
Banyak orang tua menginginkan perlindungan bagi anak-anak mereka, dan memvaksinasi anak-anak harus membantu menghasilkan kekebalan kawanan yang dianggap penting untuk menghentikan pandemi. American Academy of Pediatrics telah menyerukan perluasan uji coba vaksin untuk memasukkan anak-anak sebagai subjek.

Baca Juga : Pria Ini Divaksinasi 90 Kali demi Jual Kartu Vaksin Palsu

Efek samping vaksin seperti demam, nyeri lengan, kelelahan dan nyeri pada persendian dan otot bisa lebih intens pada anak-anak daripada pada orang dewasa. Dokter mengatakan penting bagi orang tua untuk mengetahui apa yang diharapkan setelah anak-anak mereka diinokulasi.

Setiap anak dalam studi Moderna akan menerima dua suntikan, dengan jarak 28 hari. Studi ini akan memiliki dua bagian. Yang pertama, anak-anak berusia 2 tahun hingga kurang dari 12 dapat menerima dua dosis masing-masing 50 atau 100 mikrogram. Mereka yang berusia di bawah 2 tahun dapat menerima dua suntikan 25, 50 atau 100 mikrogram dikutip dari Jawapos.com.

Dalam setiap kelompok, anak pertama yang diinokulasi akan menerima dosis terendah dan akan dipantau reaksinya sebelum peserta kemudian diberikan dosis yang lebih tinggi. Kemudian, peneliti akan melakukan analisis sementara untuk menentukan dosis mana yang paling aman dan paling mungkin melindungi setiap kelompok umur.

Baca Juga : Kemenkes Angkat Bicara Soal Dosis Keempat dan Suntik Vaksin COVID-19 Tiap Tahun

Anak-anak di bagian 2 studi akan menerima dosis yang dipilih oleh analisis atau suntikan plasebo yang terdiri dari air asin. Moderna mengembangkan vaksinnya bekerja sama dengan National Institute of Allergy and Infectious Diseases. Perusahaan dan institut tersebut juga bekerja sama dalam studi tersebut, bersama dengan Otoritas Penelitian dan Pengembangan Lanjutan Biomedis Federal.

Anak-anak tersebut akan diikuti selama setahun, untuk mencari efek samping dan mengukur kadar antibodi yang akan membantu peneliti menentukan apakah vaksin tersebut tampaknya memberikan perlindungan. Kadar antibodi akan menjadi indikator utama.

Menurut dr. Wohl studi tersebut tampaknya dirancang dengan baik dan kemungkinan besar akan efisien, tetapi dia mempertanyakan mengapa anak-anak hanya diikuti selama satu tahun, ketika orang dewasa dalam studi Moderna diikuti selama dua tahun. Dia juga mengatakan agak terkejut melihat vaksin itu diuji pada anak-anak yang begitu muda secepat ini.

Baca Juga : Lebih dari 100 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Dibuang gara-gara Kedaluwarsa

Johnson & Johnson juga mengatakan akan menguji vaksin virus Korona pada bayi dan anak kecil setelah mengujinya terlebih dahulu pada anak yang lebih besar. Pfizer-BioNTech sedang menguji vaksinnya pada anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun, dan berencana untuk pindah ke kelompok yang lebih muda, produk tersebut telah diotorisasi untuk digunakan pada usia 16 tahun ke atas di Amerika Serikat. Bulan lalu, AstraZeneca mulai menguji vaksinnya di Inggris pada anak-anak berusia 6 tahun ke atas.

#Vaksin Covid-19