Senin, 15 Maret 2021 11:32

Satu-satunya di Indonesia Timur, Santri Berprestasi Bisa Selesaikan Kuliah dengan Beasiswa Penuh di UIM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rektor UIM, A. Majdah M. Zain.
Rektor UIM, A. Majdah M. Zain.

Kementerian Agama merilis informasi pendaftaran PBSB tahun ini akan dibuka pada pertengahan Maret 2021. Ada 21 pilihan perguruan tinggi yang akan menjadi mitra Kemenag dalam PBSB, salah satunya adalah UIM.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Islam Makassar (UIM) menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) satu-satunya di Indonesia timur yang dipercaya oleh Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan program beasiswa">beasiswa santri berprestasi (PBSB) tahun ini.

Hal ini seperti disampaikan oleh Rektor UIM, A. Majdah M. Zain. Dengan kepercayaan tersebut, pihaknya berharap memotivasi semua komponen untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan UIM ke depan.

"Iya benar UIM satu satunya universitas swasta di kawasan timur Indonesia yang menjadi mitra Kemenag dalam PBSP," kata Majdah, Senin (15/3/2021).

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Pada akhir pekan lalu, Kemenag merilis informasi pendaftaran PBSB tahun ini akan dibuka pada pertengahan Maret 2021. Ada 21 pilihan perguruan tinggi yang akan menjadi mitra Kemenag dalam PBSB, salah satunya adalah UIM.

Adapun perguruan tinggi dalam seleksi PBSB 2021, yakni UIN Alauddin Makassar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kemudian, UIN Walisongo Semarang, UIN Sumatera Utara Medan, IPB Bogor, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, Unisma Malang, UPI Bandung, UI Jakarta, UNJ Jakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta, Unwahas Semarang, Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung, UIM Makassar, Unram Mataram.

Baca Juga : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H 9 April 2024

"UIM mendapatkan kuota di PBSB itu untuk Fakultas Pertanian jurusan Agrobisnis sebanyak 10 santri dan jurusan Agroteknologi sebanyak 10 santri," tambah Majdah.

Dekan Fakultas Pertanian UIM, Suardi Bakry, menyambut positif PBSB tahun ini. Dikatakan, santri yang memilih dan memenuhi kriteria, melalui PBSB akan mendapatkan beasiswa penuh selama kuliah di Fakultas Pertanian UIM dari Kemenag.

"Kami mempersiapkan diri untuk melayani para santri berprestasi yang memilih program studi Agribisnis dan Agriteknologi Fakultas Pertanian UIM. Sebagai dekan saya tentu bangga karena satu-satunya universitas swasta di kawasan timur Indonesia yang menjadi mitra Kemenag dalam PBSP adalah UIM dan alhamdulillah Fakultas Pertanian dengan dua prodinya menjadi pilihan," jelasnya.

Baca Juga : Muhammad Tonang Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Sulsel

Untuk diketahui, PBSB sudah berjalan sejak 2004. Ribuan sarjana santri sudah lahir dari program ini. PBSB merupakan salah satu bentuk afirmasi negara bagi para santri agar dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Melalui PBSB, santri diharapkan mampu merespons tantangan zaman, mentransformasikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal dalam konteks kekinian.

Penulis : Syukur
#Universitas Islam Makassar #beasiswa #kementerian agama #Majdah Muhyiddin Zain