Senin, 15 Maret 2021 10:32

Bertemu BBWS-PJ, Plt Gubernur Sulsel: Banjir Makassar karena Pengembang Perumahan Tutup Saluran Air

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.
Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan bahwa salah penyebab banjir di Kota Makassar karena adanya penutupan saluran air yang dilakukan pihak pengembang perumahan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, memberikan perhatian penuh atas banjir yang terjadi di Kota Makassar, beberapa waktu lalu.

Bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (bbws-pj">BBWS-PJ), Andi Sudirman meninjau pengerukan Sungai Balangturungang Daya, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Ahad (14/3/2021) kemarin. Peninjauan ini untuk mencari solusi masalah banjir yang kerap terjadi di beberapa titik di Makassar jika terjadi hujan.

Dari peninjauan ini, Andi Sudirman mengungkapkan bahwa salah satu penyebab terjadinya banjir akibat luapan sungai karena adanya penyumbatan aliran sungai di jembatan dan penutupan saluran yang dilakukan pihak pengembang perumahan.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

"Ada bottleneck di jembatan oleh betonisasi sehingga menyumbat aliran. Juga terdapat jembatan dan penutupan saluran oleh developer perumahan. serta aliran Sungai Tallo membelah kota menghalangi anak sungai ketika meluap dan tertahan air pasang saat hujan," kata Andi Sudirman.

Untuk itu, Andi Sudirman duduk bersama dengan Kepala BBWS-PJ, Adenan Rasyid, membahas upaya antisipasi untuk penanganan banjir di Makassar. Butuh aksi normalisasi saluran dengan membongkar bottleneck beton dan jembatan penyempit, tanggul sungai, dan dibutuhkan penambahan kolam regulasi untuk menekan volume aliran serta mereduksi dampak banjir ke sekitar.

Andi Sudirman mengajak seluruh stakeholder untuk turun bersama-sama menyelesaikan permasalahan banjir di Makassar.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

"Saya yakin dengan semangat kerja sama kita mampu menyelesaikan permasalahan banjir di Kota Makassar ke depannya. Insyaallah," harapnya.

Sementara itu, BBWS-PJ tengah melakukan upaya penanganan banjir dengan kembali melakukan pembersihan tanaman liar, sekaligus melakukan penggalian untuk menormalkan arus sungai.

Adenan menuturkan pembersihan arus sungai yang dikerjakan kali ini, adalah pengerjaan sisi lain jembatan Daya dari sisi lainnya yang sebelumnya sudah dikerjakan pada bulan lalu.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

"Alat sudah mulai bekerja. Insyaallah target kita satu bulan untuk membersihkan ruas yang sudah kita tentukan. Ada beberapa bangunan yang menghambat aliran dan kita sudah minta aparat pemerintah setempat untuk membantu mengaturnya," ucap Adenan.

Penulis : Syukur
#Plt Gubernur Sulsel #Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #BBWS-PJ