Sabtu, 13 Maret 2021 14:02

Prestasi Taufan di Hari Jadi Parepare; Raih 185 Penghargaan, Resmikan 13 Proyek

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan prasasti tanda peresmian proyek Pemkot Parepare oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.
Penandatanganan prasasti tanda peresmian proyek Pemkot Parepare oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Jika dikalkukasikan dalam tujuh tahun terakhir ini, tiap tahunnya Pemerintah Kota Parepare mendapatkan 26 penghargaan atau 2 hingga 3 penghargaan tiap bulannya.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare menggelar peringatan hari jadi ke-61 Kota Parepare, Sabtu (13/3/2021).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan ini digelar secara terbatas dan virtual dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, dalam rapat paripurna DPRD Kota Parepare.

Sejumlah pejabat Forkopimda Sulsel dan Parepare hadir, seperti Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dalam sambutannya mengatakan sejak periode pertama 2013 hingga 2021, Pemerintah Kota Parepare berhasil mendapat 185 penghargaan yang berskala lokal, regional, nasional, dan internasional.

Jika dikalkukasikan dalam tujuh tahun terakhir ini, tiap tahunnya Pemerintah Kota Parepare mendapatkan 26 penghargaan atau 2 hingga 3 penghargaan tiap bulannya.

"Di penghujung tahun 2020, Kota Parepare mendapat kado istimewa dengan dianugerahinya sebagai kota sangat inovatif di Indonesia. Inovasi Berdaya Srikandi oleh Srikandi telah meraih penghargaan kategori terbaik inovasi pelayanan publik tingkat Kota Parepare, terbaik Top 30 KIPP tingkat provinsi, terbaik Top 99 dan Top 45 KIPP tingkat nasional Kemenpan-RB, dan merupakan salah satu dari 12 inovasi pelayanan publik Indonesia yang masuk nominasi untuk mengikuti ajang United Nations Public Service Awards (UNPSA) tahun 2021," beber Taufan Pawe.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

Sukses dengan 185 penghargaan, Ketua DPD I Golkar Sulsel tersebut masih ingin terus mengharumkan nama Kota Parepare. Pada kesempatan ini, dirinya meminta Plt Gubernur Sulsel meresmikan secara simbolis 13 proyek yang telah dilaksanakan tahun 2020 dengan jumlah anggaran Rp13,7 miliar.

Rp13,7 miliar merupakan bagian dari belanja modal sebesar Rp142,7 miliar atau 9,6 persen dari total belanja modal 2020.

Dalam kesempatan itu juga, Taufan mengumumkan SKPD Award. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan inovasi kinerja SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare sekaligus sebagai ajang evaluasi kinerja.
Adapun ditetapkan enam SKPD yang dinilai berprestasi pada 2020, yakni Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kesehatan, Kecamatan Bacukuki, Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

"Penilaian ini didasarkan pada aspek capaian laporan kinerja instansi pemerintah, pelaksanaan inovasi, tingkat penyerapan anggaran, termasuk capaian pendapatan asli daerah, indeks pelayanan publik, indeks kepuasan masyarakat, dan tingkat penyelesaian tindak lanjut temuan," tuturnya.

Pada akhir acara, Taufan Pawe bersama Andi Sudirman turut meresmikan rawat inap Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie.

Selanjutnya bergeser menuju peresmian salah satu program pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang ditempatkan di Kota Parepare, yaitu Kantor Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PMI) Parepare, Jalan Karaeng Burane.

Baca Juga : Halal Bihalal, Managemen RSUD Andi Makkasau Saling Support Berikan Layanan Berkualitas

Berikut 13 proyek yang diresmikan

1. Pembangunan Museum B.J. Habibie
2. Pembangunan dan Rehabilitasi Gedung IGD
3. Pembangunan dan Rehabilitasi CSSD
4. Pembangunan Panggung Kesenian/ Pertunjukan
5. Pembangunan Tribune Pesisir Sungai
6. Pembangunan Gazebo
7. Pengembangan TPA Aloppoe
8. Rehabilitasi Trotoar Jalan Bau Massepe (sisi barat)
9. Rehabilitasi Trotoar Jalan Ganggawa (sisi utara)
10. Pembangunan Lounge B.J. Habibie
11. Pembangunan Panggung Tonrangeng River Side
12. Revitalisasi Stadion Gelora B.J. Habibie
13. Pekerjaan Konstruksi Taman/Taman Binalipu

Penulis : Hasrul Nawir
#HUT Parepare #Pemkot Parepare #Andi Sudirman Sulaiman #taufan pawe