Kamis, 11 Maret 2021 17:42

Minimalisir Banjir di Kodam III, Danny Pomanto Instruksikan DPU Keruk Sungai Biring Jenne

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketika Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meninjau lokasi banjir di Kodam III Kecamatan Biringkanaya, Kamis, (11/3/2021).
Ketika Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meninjau lokasi banjir di Kodam III Kecamatan Biringkanaya, Kamis, (11/3/2021).

Wilayah Kompleks Kodam III Kecamatan Biringkanaya memang jadi langganan banjir setiap tahun. Karenanya Danny Pomanto langsung berinisitif memerintahkan dinas terkait untuk melakukan pengerukan sungai Biring Jenne sambil berkoordinasi dengan Balai Pompengan.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meninjau langsung kondisi warga yang berada di lokasi pengungsian di Mesjid Grand Rahmani kelurahan Katimbang Kecamatan Biringkanaya, Kamis, (11/3/2021).

Diketahui pengungsi yang berada di masjid Grand Rahmani adalah warga yang rumahnya terendam banjir di Kompleks Kodam III. Olehnya sebagai pemerintah Danny Pomanto langsung datang mengecek kondisi pengungsi.

"Bagaimana kondisita semua, baik baikjeki semua, jagaki kesehatanta utamanya ibu-ibu dan bapak yang sudah tua dan anak kecil, lebih baik mengungsi dulu ditempat aman supaya tidak terserang penyakit. "ujar Danny kepada pengungsi.

Baca Juga : Danny Mengaku Sering Dinasihati AGH Sanusi Baco Seputar Pembangunan Masjid

Pada kesempatan itu, Danny , secara pribadi memberikan bantuan untuk membelikan makanan kepada pengungsi. Karena menurut laporan yang dia terima bahwa sejak kemarin pengungsi belum dapat bantuan makanan dari dinas terkait. Padahal, kemarin (10/3) ia sudah menginstruksikan kepada Dinas Terkait yakni Dinas Sosial Makassar agar langsung bergerak cepat tangani korban banjir. Ia juga berharap semua SKPD terkait bekerjasama menangani banjir yang terjadi.

"Kemarin saya sudah instruksikan untuk semua SKPD, kenapa bisa kodong pengungsi belum dapat makanan, ini tidak benar, Pak Lurah, ini uang kita pergi beli makanan untuk warga yang mengungsi disini. "ucap Danny yang disambut tepuk tangan warga dengan suka cita.

 

Bahkan, saat Danny Pomanto yang didampingi istrinya, Indira Jusuf Ismail berada ditengah pengungsi warga sontak berteriak "Mantap Walikotaku"terima kasih bantuanta.

Baca Juga : Naik Jetski ke Pulau Lanjukang, Danny Pomanto Janji Bangun 21 Apartemen

Namun, Danny kelihatannya tampak sedikit geram dengan tingkah SKPD yang kurang tanggap menangani dapur umum dan makanan pengungsi. Dengan itu, tidak pikir panjang ia mengaku langsung ambil alih soal penanganan pengungsian, meski ia baru 10 hari menjabat.

" Mulai hari ini saya ambil alih persoalan pengunsian ini, kita jangan biarkan warga kita menderita begini. Meski saya 10 hari bertugas tapi kita harus bergerak cepat. Semua harus kerjasama."ketusnya.

Danny Pomanto juga menyempatkan juga masuk ke dalam lokasi banjir di Komplek Kodam III. Disana ia menyapa warga yang masih bertahan dirumahnya.

Baca Juga : Tangis Wali Kota Makassar Pecah, Halalbihalal Langsung Digelar Usai Salat dengan Salam Namaste

"Sehat-sehatjeki semua, ke pengungsianmeki dulu nanti surut bafu kembali, mita harus jaga kesehatanta apalagi masa pandemi seperti saat ini. harapnya.

Tidak hanya itu, mencari solusi agar banjir bisa diminimalisir di Kodam III dia langsung memerintahkan Dinas PU (DPU) Makaassar untuk mengeruk sungai Biring Jenne yang selama ini menjadi biang banjir diwilayah tersebut. Selain itu ia juga mengaku akan berkoordinasi dengan Balai Pompengan Sungai Jenneberang sebagai pemegang otoritas sungai.

"Saya sudah perintah Dinas PU dua hari setelah surut sungai itu akan dikeruk, supaya air tidak terlalu meluap jika terjadi hujan lebat. Dan kami tetap akan koordinasi kepada Balai Pompengan juga bagaimana supaya ada solusi dan tidak terjadi genangan banjir yang parah setiap tahun. "pungkasnya.

Baca Juga : Tinjau Kebakaran di Tinumbu, Wali Kota Makassar Tegaskan Akan Aktifkan Kembali Peka Rong

Dia menambahkan wilayah Kompleks Kodam III Biringkanaya memang jadi langganan banjir setiap tahun. Karenanya ia langsung inisitif memerintahkan dinas terkait untuk melakukan pengerukan sungai Biring Jenne.

Sementara Camat Biringkanya, Andi Syahrum Makkuradde mewakili warga di pengungsian sangat berterimah kasih atas kedatangan Wali Kota Makassar yang langsung memantau dan menanyakan kondisi warga yang terdampak banjir.

"Alhamdulilah Pak Wali sudah ambil alih langsung, bahkan beliau langsung membantu secara pribadi untuk beli makanan, dan Alhamdulilah. Saya mewakili warga mengucapakan terimah kasih kepada Pak Wali Kota yang ambil kebijakan yang tepat. "ungkapnya.

Baca Juga : Perihal Larangan Salat Id di Karebosi, Begini Klarifikasi Wali Kota Makassar

Usai meninjau banjir di Kodam III, Danny Pomanto langsung bergegas kelokasi banjir di Blok 8 Antang Kecamatan Manggala.

#Wali Kota Makassar #danny pomanto #Banjir Kodam III #Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang