Minggu, 28 Februari 2021 16:03

Awali 2021, Kalla Lines Kuasai Distribusi Kendaraan Rute Jakarta-Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Kalla Lines.
Foto: Kalla Lines.

Memasuki 2021, distribusi kendaraan pun akhirnya kembali normal. Per Januari 2021, Kalla Lines telah mendistribusikan 3.635 unit kendaraan untuk rute Jakarta-Makassar dari total 6.254 unit kendaraan yang terdistribusi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Lines mengawali 2021 dengan sangat baik. Distribusi kendaraan untuk rute Jakarta-Makassar masih dikuasai dengan meraih market share sebesar 58 persen.

Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines, Muhammad Naim, optimistis kondisi distribusi logistic vehicle bakal tumbuh lebih baik lagi tahun ini. Apalagi peningkatan distribusi via laut memang sebelumnya sudah terlihat di pengujung tahun 2020.

"Akhir tahun lalu, kondisi muatan kapal sudah melebihi 3.500 unit kendaraan dalam sebulan. Padahal, sebelum-sebelumnya di tengah pandemi, jumlahnya masih ratusan unit," kata Naim, Ahad (28/2/2021).

Baca Juga : Perkuat Armada Pengangkut Tambang, Kalla Lines Tambah Tugboat dan Tongkang

Memasuki 2021, distribusi kendaraan pun akhirnya kembali normal. Per Januari 2021, Kalla Lines telah mendistribusikan 3.635 unit kendaraan untuk rute Jakarta-Makassar dari total 6.254 unit kendaraan yang terdistribusi. Jumlah ini berdasarkan data Kalla Lines dan berbagai sumber.

"Kalla Lines menguasai market share 58 persen dengan berbagai jenis muatan, kendaraan kecil, sedang, dan besar," sebut Naim.

Naim mengungkapkan, pencapaian ini tak lepas dari berbagai kemudahan dan fasilitas yang diberikan kepada pelanggan dalam mendistribusikan produknya. “Fokus kami adalah senantiasa meningkatkan kualitas layanan. Tidak hanya armada, tetapi juga meningkatkan mutu operasional crew yang andal dan professional, dan frekuensi trip yang padat dan teratur,” tuturnya.

Baca Juga : Sepanjang 2023, Kalla Lines Konsisten Pimpin Market Share Pengiriman Kendaraan Rute Jakarta-Makassar

Dalam menjaga ketepatan waktu distribusi, Kalla Lines memiliki GPS-tracking system yang mampu mendeteksi titik koordinat kapal dan kecepatan berlayar secara akurat. Pergerakan kapal mulai dari titik berangkat sampai titik tujuan akhir bisa diketahui secara real time dan on time. "Ibaratnya seperti kita memesan transportasi online. Kita bisa nge-track dimana posisinya. Sangatlah membantu akurasi distribusi barang," bebernya.

Dia pun yakin layanan ini akan semakin meningkatkan kenyamanan pelanggan untuk mengetahui kondisi dan waktu tempuh distribusi produknya. "Inilah salah satu keunggulaan layanan kami. Menjawab kebutuhan ketepatan waktu distribusi," tuturnya.

Adapun jumlah armada Kalla Lines saat ini berjumlah tiga kapal jenis Roro dengan rute Makassar-Jakarta PP. Mampu menampung lebih dari 1800 unit kendaraan kecil, sedang, besar, hingga alat berat.

#Kalla Group #Kalla Lines