Minggu, 28 Februari 2021 21:14

Bastian Lubis Usul TGUPP Dibubarkan Pasca Nurdin Abdullah Tersangka, Wagub Bilang Begini

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bastian Lubis
Bastian Lubis

Bastian menilai TGUPP hanya sebatas tempat kumpul-kumpul dan tempat transit sebelum diangkat menjadi kepala dinas.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menjadi tersangka suap oleh KPK, Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) terancam bubar.

Pengamat pemerintahan, Bastian Lubis menilai TGUPP Nurdin Abdullah tidak memiliki tupoksi yang jelas dalam tata kelola pemerintahan yang ada. Bastian tidak setuju sejak awal pembentukan TGUPP.

"Tapi karena kebijakan atau diskresi yang dimiliki oleh kepala daerah (Nurdin Abdullah) merasa perlu akan keberadaan TGUPP ya silakan saja. Kita hanya bisa menilainya dari sudut pandang reformasi birokrasi dan keuangan negara. Jadi semua pengeluaran negara harus menghasilkan kinerja," ujarnya.

Baca Juga : Plt Gubernur Bertemu Pangdam, Perbatasan Mamminasata Akan Dijaga untuk Cegah Mudik

Pengamat tata keuangan negara Universitas Patria Artha (UPA) ini menilai, TGUPP yang dibentuk oleh NA sudah sangat menghambat laju birokrasi pemerintahan di Pemprov Sulsel.

Dia menyebut tercipta rentan kendali yang semakin panjang dan tidak dimungkinkannya inovasi baru yang lebih baik dalam mengoptimalisasi kinerja gubernur.

 

Menurutnya, TGUPP tampaknya hanya sebatas tempat kumpul-kumpul teman Gubernur Nurdin Abdullah untuk reuni. Juga tempat transit sebelum ditempatkan sebagai kepala dinas di Pemprov. Mereka mendapat honorarium bulanan.

Baca Juga : Terkait Kasus Nurdin Abdullah, KPK Periksa Kepala Kantor Bank Mandiri, Setelah Ini Siapa Lagi?

"Jadi selama lebih dua tahun anggaran berjalan, tidak menghasilkan apa-apa dari TGUPP karena tadi tidak jelas tupoksinya," jelasnya.

Dia menyarankan, jika Nurdin Abdullah terbukti bersalah di Pengadilan Tipikor dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yakni Andi Sudirman Sulaiman dilantik menjadi gubernur, maka TGUPP sebaiknya dibubarkan.

"Jangan sampai seperti saat ini TGUPP menjadi singkatan Tim Gubernur untuk Percepatan Penangkapan, jadi terbukti kan," jelas Bastian, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga : Kasus Nurdin Abdullah Ikut Seret Bank Sulselbar, KPK Sita Sejumlah Barang Bukti

Pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pihaknya akan terus menggunakan orang-orang yang kapabel di bidangnya.

"Saya menginginkan bahwa, selama saya, semua akan ter-record secara sistem. Yang bisa bekerja dengan sistem, berarti adalah orang yang baik. Orang yang bisa bekerja sama dengan saya, saya yakin dengan ASN yang kita miliki, mereka akan berusaha keras untuk saling membantu," ujarnya.

"Kita bercerita persoalan bagaimana kita bersinergi teamwork. Teamwork adalah penting," tambahnya.

Penulis : Yuniastika Datu
#Andi Sudirman Sulaiman #KPK #Nurdin Abdullah #Bastian Lubis