Jumat, 26 Februari 2021 20:37

Perkuat Program Jaminan Sosial, Deputi BP Jamsostek Sulama Kunjungi Bantaeng

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perkuat Program Jaminan Sosial, Deputi BP Jamsostek Sulama Kunjungi Bantaeng

Pada awal tahun 2021, pembayaran klaim atau jaminan yang dikucurkan BP Jamsostek untuk wilayah Kantor Cabang Pratama Bantaeng mencapai Rp3,1 miliar.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Sulawesi Maluku bertandang ke kantor bupati Bantaeng, Jumat (26/2/2021).

Hal tersebut dilaksanakan untuk memperkuat penyelenggaraan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Bantaeng. Rombongan diterima langsung Bupati Ilham Syah Azikin.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Arief Budiarto mengatakan, pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan BP Jamsostek perlu dukungan dari semua pihak. Khususnya Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga : Safari Ramadhan di Ulu Ere, Ilham Azikin Sekalian Sosialisasi Pembatasan Bepergian Keluar Daerah

Arief Budiarto mengungkapkan, hingga Januari 2021, jumlah pekerja formal/Penerima Upah (PU) di Kabupaten Bantaeng yang sudah mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sebanyak 8.121 orang. Pekerja non formal/Bukan Penerima Upah (BPU) sebanyak 1.475.

"Mereka ini dipastikan telah mendapatkan layanan dan manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan dengan baik," ungkapnya.

 

Di awal tahun 2021, pembayaran klaim atau jaminan yang dikucurkan BP Jamsostek untuk wilayah Kantor Cabang Pratama Bantaeng mencapai Rp3,1 miliar.

Baca Juga : Salat Idulfitri Dipusatkan di Lapangan Pantai Seruni, Pemkab Bantaeng Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Dengan perincian klaim Jaminan Hari Tua (JHT) mencapai Rp3 miliar 355 kasus, Jaminan Kematian (JKM) sebanyak dua kasus dengan nominal sebesar Rp84 juta, dan Jaminan Pensiun (JP) sebanyak satu kasus dengan nominal sebesar Rp3,4 juta.

Sponsored by MGID

"Kami memastikan pelayanan jaminan sosial ketenagakerjaan yang kami selenggarakan telah dirasakan manfaatnya oleh para pekerja yang ada di Bantaeng ini," katanya.

Berdasarkan potensi kepesertaan dan jumlah pekerja yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, kata dia, tentunya dibutuhkan dukungan semua pihak agar seluruh pekerja di Kabupaten Bantaeng dapat segera terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Bantaeng Siapkan Dua Titik Pos Penyekatan Larangan Mudik, Seperti ini Ketatnya

Melalui kerja sama ini diharapkan, dukungan dan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perhatian dan perlindungan jaminan sosial tenaga kerja di wilayahnya sehingga masyarakat pekerja Kabupaten Bantaeng dapat terlindungi dari risiko pekerjaan.

"BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan hukum publik yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan senantiasa berupaya memastikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan telah diperoleh oleh pekerja di seluruh wilayah Republik Indonesia. Termasuk di Bantaeng," tutup Arief Budiarto.

Diketahui, Arief Budiarto baru ditempatkan sebagai Deputi BP Jamsostek Sulama di awal Februari 2021. Dia menggantikan Toto Suharto yang sekarang bertugas di Bali.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Yuniastika Datu
#BP Jamsostek #bantaeng