Jumat, 26 Februari 2021 07:00

Siaran Langsung Pelantikan 11 Pasang Kepala Daerah di Rujab Gubernur Sulsel

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Pelantikan 11 kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 di Sulsel akan dimulai pukul 08:00 WITA.

MAKASSAR - 11 pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Sulsel akan dilantik, pada Jumat (26/2/2021). Prosesi pelantikan berlangsung di Rujab Gubernur Sulsel mulai pukul 08:00 WITA.

Pelantikan akan dipimpin langsung Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Mereka yang dilantik yakni M Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Kota Makassar), Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni (Kabupaten Gowa), Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Maros), Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (Pangkep), Suardi Saleh-Aska Mappe (Barru).

Selanjutnya, Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide (Soppeng), Basli Ali-Syaiful Arif (Kepulauan Selayar), Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Bulukumba), Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Tana Toraja), Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur (Luwu Utara), dan Budiman (Luwu Timur).

Baca Juga : Kemendagri Bilang Pelantikan Wali Kota dan Bupati akan Serentak, Kapan?

Dari 11 pasangan terpilih ini, ada tujuh kepala daerah yang akan dilantik untuk periode keduanya. Yakni M Ramdhan Pomanto (Makassar), Adnan Purichta Ichsan (Gowa), Suardi Saleh (Barru), Andi Kaswadi Razak (Soppeng), Basli Ali (Selayar), Indah Putri Indriani (Luwu Utara) dan Theofilus Allorerung (Tana Toraja). Khusus nama terakhir, sudah pernah menjabat satu periode pada 2010-2015.

Di pelantikan ini, ada tiga kaum perempuan yang dilantik. Mereka telah menorehkan sejarah baru pemerintahan di wilayah masing-masing. Yakni Indah Putri Indriani (bupati Luwu Utara terpilih), Fatmawati Rusdi (wakil wali kota Makassar terpilih) dan Suhartina Bohari (wakil bupati Maros terpilih).

 

Indah adalah bupati perempuan pertama di Sulsel yang kembali akan dilantik di periode keduanya. Sementara Fatma dan Suhartina, masing-masing wakil kepala daerah perempuan pertama di Kota Makassar dan Kabupaten Maros.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Sebut Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Belum Pasti, Ini Penjelasan Kemendagri

Mekanisme pelantikan sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Undangan bersifat terbatas.

Bukan hanya di ruangan saja yang dibatasi, tetapi juga di area lokasi pelantikan akan dipantau ketat dari pihak Kemendagri agar tidak terjadi kerumunan. Meski demikian, Anda dapat menyaksikan prosesi pelantikan melalui telepon pintar atau TV android.

Pelantikan ini disiarkan langsung secara streaming di channel YouTube Pemprov Sulsel. Rakyatku.com me-relay siaran langsung ini.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Sebut Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Belum Pasti, Ini Penjelasan Kemendagri

Usai pengambilan sumpah jabatan, kegiatan akan langsung dilanjutkan pelantikan Ketua TP-PKK dan Pengukuhan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Selatan. Selamat menyaksikan.

#Pelantikan Kepala Daerah di Sulsel