Rabu, 24 Februari 2021 23:59

Polrestabes Makassar Turunkan 1000 Personel Kawal Pelantikan Kepala Daerah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Polrestabes Makassar Turunkan 1000 Personel Kawal Pelantikan Kepala Daerah

Aparat yang akan bertugas sekitar 1000 orang. Jumlah tersebut termasuk semua jajaran mulai dari pengamanan sampai dengan tim kesehatan.

RAKYATKU.COM - Kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 akan dilantik Jumat (26/2/2021) di Baruga Karaeng Pattingalloang, kompleks rumah jabatan gubernur Sulsel.

Kabag Ops Polrestabes Makassar, AKBP Anwar Danu mengatakan, pihaknya akan menurunkan 1000-an personel. Diawali gelar pasukan, Kamis (25/2/2021).

"Rencana besok apel kesiapan pengamanan pelantikan wali kota dan wakil di Polrestabes Makassar jam 07.30 wita," kata Anwar, Rabu malam (24/2/2021).

Baca Juga : 11 Kepala Daerah di Sulsel Dilantik, Taufan Pawe Ucapkan Selamat

Terkait pelantikan kepala daerah terpilih tersebut, Anwar mengatakan aparat yang akan bertugas sekitar 1000 orang. Jumlah tersebut termasuk semua jajaran mulai dari pengamanan sampai dengan tim kesehatan.

"Sudah termasuk dari Dit Samapta Polda & Brimob serta dari Dis Damkar, Dishub, dan Dinkes," tambahnya.

 

Mengingat pelantikan dilaksanakan di masa pandemi, Anwar pun mengingatkan kepada semua loyalis atau pendukung kepala daerah yang terpilih untuk tidak melakukan konvoi ataupun kumpul-kumpul. Jika tidak, pihaknya pun akan mengambil tindakan.

Baca Juga : Diwarnai Isak Tangis, Pidato Kerakyatan Danny-Fatma: Pilkada Sudah Lewat, Saatnya Bersatu Membangun Makassar

"Bubarkan atau proses hukum," tegas Anwar.

Adapun 11 daerah yang kepala daerahnya akan dilantik adalah Kabupaten Gowa, Maros, Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Barru, Soppeng, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Bulukumba, Kepulauan Selayar, dan Kota Makassar.

Diketahui bahwa 12 daerah yang melangsungkan pilkada di Sulsel. Satu pasangan kepala daerah lainnya, yakni bupati-wakil bupati Toraja Utara akan dilantik Maret 2021 mendatang karena masa tugas bupati sebelumnya sampai Maret 2021.

Baca Juga : Kursi Kosong dan Haru Mendalam Wakil Bupati Luwu Timur saat Pelantikan

Pelantikan akan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Orang yang hadir pun akan dibatasi.

 

Penulis : Syukur
#Pelantikan Kepala Daerah