Kamis, 25 Februari 2021 15:12

Tidak Ada Instruksi Larangan Peliputan, Pemprov Sulsel Klarifikasi Insiden di Rujab Gubernur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi Sulsel, Amson Padolo, melontarkan permohonan maaf atas kejadian miskomunikasi yang terjadi antara petugas pengamanan dengan jurnalis.

RAKYATKU.COM - Juru bicara Gubernur Sulsel, Veronica Moniaga, menyampaikan permohonan maafnya terkait insiden tidak mengenakkan yang ditujukan kepada seorang wartawan fotografer di rumah jabatan (rujab) Gubernur Sulsel saat hendak melakukan peliputan geladi resik pelantikan kepala daerah, Kamis (25/2/2021) pagi.

Veronica mengatakan, pelantikan kepala daerah dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Hal itu dilakukan demi menjaga amanah dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang telah memberikan izin Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menggelar pelantikan secara langsung.

Tidak ada instruksi khusus untuk melarang rekan wartawan meliput kegiatan geladi resik. "Kami meminta maaf atas perlakuan petugas di lapangan yang menggunakan bahasa komunikasi kurang bagus," kata Vero, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Lima Penjabat Gubernur Dilantik 12 Mei, Bukan oleh Presiden Jokowi

Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi Sulsel, Amson Padolo, juga melontarkan permohonan maaf atas kejadian miskomunikasi yang terjadi antara petugas pengamanan dengan jurnalis.
 
Dengan tegas, Amson mengaku tidak pernah melarang media melakukan peliputan dalam tiap agenda Pemprov Sulsel, termasuk geladi resik pelantikan kepala daerah. Akan tetapi, sesuai petunjuk Kemendagri, dilarang adanya kerumunan dalam acara pelantikan.

"Di masa pandemi ini, pelantikan wajib menerapkan prokes yang ketat. Malah Kemendagri minta secara virtual. Untuk itu, kami minta maaf atas insiden seperti tadi dan menjadi koreksi bagi kami," jelasnya.

Terkait pelantikan 11 kepala daerah yang akan berlangsung pada Jumat (26/2/2021), Amson memastikan akan mengakomodasi wartawan dalam peliputan acara. Disiapkan satu ruangan khusus dengan fasilitas layar untuk menyaksikan pelantikan.

Baca Juga : 11 Kepala Daerah di Sulsel Dilantik, Taufan Pawe Ucapkan Selamat

"Wawancara langsung setelah selesai acara. Cuma mungkin untuk masuk ke dalam ruangan pelantikan langsung kami masih menunggu petunjuk dari tim Kemendagri yang akan meninjau langsung," terangnya.

#Pelantikan Kepala Daerah