Rabu, 24 Februari 2021 15:59

Wanita Ini Meninggal Setelah Terima Donor Paru-Paru yang Diduga Terinfeksi Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wanita Ini Meninggal Setelah Terima Donor Paru-Paru yang Diduga Terinfeksi Covid-19

Tidak hanya si penerima donor, bahkan semua dokter bedah yang melakukan operasi tranplantasi juga dinyatakan positif Covid-19.

RAKYATKU.COM - Untuk pertama kalinya Covid-19 ditularkan melalui proses donor organ dan membuat perempuan asal Michigan, Amerika Serikat, meninggal karena Covid-19.

Perempuan ini meninggal setelah dua bulan sebelumnya menjalani operasi transplantasi satu set paru-paru yang membawa penyakit, padahal sebelumnya ia dinyatakan negatif Covid-19 sebelum menjalani operasi.

Menurut dokter dari University of Michigan, kemungkinan ini merupakan kasus pertama yang tercatat Covid-19 ditularkan melalui tranplantasi organ.

"Kami tidak akan menggunakan paru-paru, jika paru tersebut dinyatakan positif Covid-19," terang penulis laporan Dr. Daniel Kaul, mengutip Insider via suara.com, Rabu (24//2/2021).

Akibat kasus ini, para ahli kembali berpikir bagaimana cara terbaik menguji donor organ terkait Covid-19 selama pandemi.

Dokter mengatakan jika awalnya paru-paru yang didonorkan tersebut dinyatakan negatif Covid-19. Pendonor adalah perempuan yang meninggal karena kecelakaan mobil.

Sementara perempuan penerima paru dinyatakan negatif Covid-19, tepat 12 jam sebelum ia menjalani operasi transplantasi. Tapi 3 hari setelah operasi selesai, perempuan tersebut mengalami gejala demam, hipertensi, bahkan membutuhkan alat bantu pernapasan alias ventilator.

Setelah diuji kembali, 5 hari setelah operasi, hasil tes mengatakan ia positif Covid-19. Setelahnya perempuan penerima donor tersebut dirawat di ICU selama 61 hari. Hingga akhirnya ia meninggal dua bulan setelah menerima paru-paru yang diduga sudah terinfeksi Covid-19.

Tidak hanya si penerima donor, bahkan semua dokter bedah yang melakukan operasi tranplantasi juga dinyatakan positif Covid-19, namun berhasil pulih dan sembuh.

#paru-paru