Minggu, 14 Februari 2021 18:02

Pertama dalam 75 Tahun, Perempuan Ini Calonkan Diri Jadi Sekjen PBB Tantang Petahana

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 Antonio Guterres
Antonio Guterres

Akanksha lulus dari York University, Toronto dengan gelar Bachelor of Administrative Studies. Dia menerima gelar Magister Administrasi Publik dari Universitas Columbia.

RAKYATKU.COM -- Seorang pegawai asal India di PBB mengumumkan pencalonannya untuk menjadi sekretaris jenderal berikutnya. Dia orang pertama yang menantang petahana Antonio Guterres.

Arora Akanksha (34), perempuan itu, bekerja sebagai koordinator audit untuk Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP). Dia mengatakan akan mencalonkan diri sebagai diplomat top dunia dan meluncurkan kampanyenya #AroraForSG bulan ini.

"Orang-orang di posisi saya tidak seharusnya melawan orang yang bertanggung jawab. Kami seharusnya menunggu giliran kami, naik ke roda hamster, pergi bekerja, menundukkan kepala dan menerima bahwa dunia adalah apa adanya," kata Akanksha dalam video kampanye dua setengah menit yang diposting online.

Video tersebut menunjukkan Akanksha berjalan di dalam markas besar PBB yang luas, saat sulih suaranya mengatakan bahwa orang-orang yang datang sebelum dia gagal meminta pertanggungjawaban PBB.

"Selama 75 tahun, PBB tidak memenuhi janjinya kepada dunia. Pengungsi belum dilindungi, bantuan kemanusiaan sangat minim, dan teknologi serta inovasi berada di belakang-burner," katanya.

"Itulah mengapa saya mencalonkan diri sebagai sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa. Saya menolak menjadi stander. Saya tidak akan menerima ini adalah yang terbaik yang bisa dilakukan PBB," lanjut dia.

Bulan lalu Guterres yang kini berusia 71 tahun telah mengkonfirmasi bahwa dia akan maju lagi untuk masa jabatan lima tahun kedua. Masa jabatan pertama Guterres berakhir pada 31 Desember tahun ini. Masa jabatan sekretaris jenderal berikutnya akan dimulai pada 1 Januari 2022.

Guterres menjabat pada 1 Januari 2017 setelah proses seleksi yang direformasi yang mencakup sesi dialog informal publik di Majelis Umum. Guterres adalah sekretaris jenderal PBB ke-9. Dalam 75 tahun sejarah PBB, belum ada wanita yang menduduki jabatan itu.

Sekretaris Jenderal diangkat oleh Majelis Umum atas rekomendasi Dewan Keamanan, sehingga pemilihan Sekretaris Jenderal tunduk pada hak veto salah satu dari lima anggota tetap Dewan.

Juru bicara Presiden Majelis Umum PBB Volkan Bozkir, Brenden Varma mengatakan, kantor presiden belum menerima komunikasi formal tentang masalah ini. Varma sebelumnya mengatakan bahwa sejauh ini Presiden Sidang Umum belum menerima pemberitahuan tentang pencalonan sekretaris jenderal dari negara-negara anggota.

Dia menambahkan bahwa kandidat secara tradisional telah diajukan oleh negara anggota. Dalam video tersebut, Akanksha menambahkan bahwa sudah saatnya PBB berhenti melayani politisi dan mulai melayani masyarakat.

"Sudah waktunya untuk PBB baru, PBB yang merupakan penjaga bagi pengungsi, menyelesaikan krisis kemanusiaan dan mendapatkan teknologi dan pendidikan di tangan semua," katanya.

Dia mengatakan ide-ide ini bukan tidak mungkin dan tidak perlu 75 tahun lagi untuk mencapainya.

"Dibutuhkan seseorang yang berani, menjadi yang pertama-pertama berbicara, pertama mengambil tindakan, pertama membuat perbedaan dan sekarang pertama menantang PBB. Saya tidak lagi menunggu obor diturunkan, saya mengambilnya karena saya bagian dari generasi perubahan di mana kami tidak hanya berbicara tentang perubahan, kami menyebabkan perubahan," lanjutnya.

Menurut profilnya di situs webnya UNOW.org, Akanksha lulus dari York University, Toronto dengan gelar Bachelor of Administrative Studies. Dia menerima gelar Magister Administrasi Publik dari Universitas Columbia.

Profilnya menyatakan bahwa dia direkrut di PBB untuk membantu reformasi keuangan organisasi dan pekerjaannya termasuk memperbarui peraturan keuangan dan aturan PBB dan mengelola audit internal dan eksternal di UNDP.

Sebuah laporan di situs berita PassBlue mengatakan Akanksha yang lahir di India memiliki Kewarganegaraan Luar Negeri India dan paspor Kanada. Dia belum meminta dukungan resmi dari negara mana pun. (Sumber: Gulf News)

 

#Arora Akanksha #Sekjen PBB