Kamis, 04 Februari 2021 18:02

Kelompok Tani Datangi DPRD Wajo, Minta Ada Pengecer Pupuk Bersubsidi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kelompok tani dari Desa Inrello menyampaikan aspirasinya di Kantor DPRD Wajo, Kamis (4/2/2021).
Kelompok tani dari Desa Inrello menyampaikan aspirasinya di Kantor DPRD Wajo, Kamis (4/2/2021).

Selama ini kelompok tani membeli pupuk bersubsidi melalui penyangga (orang yang menjual pupuk dari pengecer) sehingga harganya lebih tinggi dibandingkan membeli langsung dari pengecer.

RAKYATKU.COM, WAJO - Sejumlah kelompok tani mengharapkan adanya pengecer pupuk bersubsidi di Desa Inrello, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo.

Hal itu terungkap saat kelompok tani dari Desa Inrello menyampaikan aspirasinya di Kantor DPRD Wajo, Kamis (4/2/2021).

Ketua Kelompok Tani Watang Inrello Desa Inrello, Muh. Yusuf, mengatakan kelompok tani saat ini sangat membutuhkan kehadiran pengecer pupuk bersubsidi.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna Bahas Perubahan Perda Produk Hukum Daerah

Menurut Yusuf, selama ini mereka membeli pupuk bersubsidi melalui penyangga (orang yang menjual pupuk dari pengecer) sehingga harganya lebih tinggi dibandingkan membeli langsung dari pengecer.

"Kami minta kepada distributor pupuk bersubsidi, baik pupuk Petrokimia maupun Pupuk Kaltim agar ada pengecer yang ditunjuk di Desa Inrello. Biasanya kami beli pupuk dari penyangga sehingga harganya melebihi dari harga eceran tertinggi (HET), yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” beber Yusuf.

Hal yang sama disampaikan Muhammad Rusli, Ketua Kelompok Tani Lasukkara. Dia berharap adanya pengecer di Desa Inrello untuk memangkas biaya tambahan.

Baca Juga : Pererat Silaturahmi, Ketua DPRD Wajo Gelar Buka Puasa bersama Unsur Forkopimda, OPD dan Warga

Rusli meminta distributor menempatkan pengecer di Desa Inrello agar petani tidak lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi mengangkut pupuk dari Kelurahan Ballere ke Desa Inrello.

"Apalagi alat transportasi atau mobil pete-pete sangat susah kita dapatkan untuk angkut pupuk dari Kelurahan Ballere ke Desa Inrello,” ujarnya.

Ketua tim penerima aspirasi, Sudirman Meru, berharap masalah pupuk ini bisa dicarikan solusi secepatnya. "Jika hari ini belum kita temukan solusinya, maka aspirasi ini akan kami laporkan ke pimpinan dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh Komisi II," katanya.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

Dua distributor pupuk bersubsidi di Wajo berjanji mengakomodasi permintaan kelompok tani untuk menempatkan pengecer di Desa Inrello tahun depan.

Tim penerima aspirasi pada kesempatan ini adalah Sudirman Meru dari Fraksi PAN, Andi Muliyadi dari Fraksi Wajo Bersatu, Hairuddin dari Fraksi Demokrat, dan Andi Bakti Werang dari Fraksi Gerindra. (adv)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#DPRD Wajo #Pupuk Subsidi