Kamis, 04 Februari 2021 16:02

Nakes RSUD Barru Mulai Divaksin, Layanan Kesehatan Tetap Normal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur RSUD Barru, dr. Nikmawaty, saat menjalani vaksinasi.
Direktur RSUD Barru, dr. Nikmawaty, saat menjalani vaksinasi.

Direktur RSUD Barru, dr. Nikmawati, mengatakan kuota vaksin akan diberikan kepada 500 orang tenaga kesehatan, baik dokter maupun paramedis.

RAKYATKU.COM, BARRU - Vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Barru dimulai, Kamis (4/2/2020). Vaksinasi akan berlangsung selama tiga hari hingga 6 Februari mendatang. Meski ada proses vaksinasi, layanan kesehatan masyarakat tetap berjalan normal.

Direktur RSUD Barru, dr. Nikmawati, mengatakan kuota vaksin akan diberikan kepada 500 orang tenaga kesehatan, baik dokter maupun paramedis.

“Hari pertama kita targetkan 140 orang medis yang divaksin. Namun, tidak menutup kemungkinan ada yang tidak lolos screening. Mungkin tidak lolos karena alasan kesehatan, tapi kita berharap semua baik-baik saja," kata dr. Nikmawati.

Baca Juga : PPKM Dicabut, Dinkes Sulsel Minta Masyarakat Tetap Vaksinasi Covid-19

Lebih lanjut, ia mengatakan, vaksinasi bertujuan untuk melindungi diri, khususnya para nakes, sekaligus memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Walau demikian, setelah divaksin petugas kesehatan tetap menjalan protokol kesehatan.

Mantan Plt. Kadis Kesehatan Barru itu berharap agar para tenaga kesehatan, khususnya di RSUD Barru untuk proaktif melaksanakan vaksinasi sekaligus menjadi contoh masyarakat.

Selain itu, mereka diharapkan menjadi corong edukasi masyarakat menumbuhkan kesadaran melakukan vaksinasi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Vaksinasi Booster Pakai IndoVac, Menkes Budi: Sangat Ampuh

“Jangan takut divaksin karena vaksin Sinovac aman dan halal. Vaksin ini sudah diuji klinis dan telah memenuhi standart keamanan yang disyaratkan organisasi kesehatan dunia (WHO) dan BPOM sudah menerbitkan emergency use authorization (EU)," tuturnya.

Dokter Nikmawati menjadi orang pertama divaksin di RSUD Barru. Dia mengaku lega bisa lolos screening.

Diketahui sebelumnya dr. Nikmawati pernah menjalani screening pada launching vaksinasi di Puskesmas Padongko. Namun, saat itu ia tak lolos sehingga batal divaksin dengan alasan kesehatan.

Baca Juga : Pakai IndoVac, Presiden Jokowi Resmi Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

“Alhamdulillah, saya sudah lolos screening dan selesai divaksinasi. Setelah melewati masa observasi selama 30 menit, kondisi saya baik-baik saja,” ucapnya.

Penulis : Achmad Afandy
#RSUD Barru #vaksinasi covid-19