Kamis, 04 Februari 2021 13:10

Rektor Harap Mahasiswa Bantu Promosi Unifa di Masa Pandemi COVID-19

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rektor Universitas Fajar Makassar, Muliyadi Hamid, di Cinema 3 (SATIN) CGV Panakkukang Makassar, Rabu (3/2/2021).
Rektor Universitas Fajar Makassar, Muliyadi Hamid, di Cinema 3 (SATIN) CGV Panakkukang Makassar, Rabu (3/2/2021).

Rektor Universitas Fajar Makassar, Muliyadi Hamid, dalam sambutannya saat membuka seminar mengatakan, pada masa pandemi ini ada tantangan tersendiri dalam hal merekrut mahasiswa.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Fajar (Unifa) Makassar berharap Marketing Communication Trends In 2021 yang dipresentasikan Grup Panelis I mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan dapat diimplementasikan di dunia kampus, khususnya untuk merekrut mahasiswa baru di masa pandemi COVID-19.

Rektor Universitas Fajar Makassar, Muliyadi Hamid, dalam sambutannya saat membuka seminar mengatakan, pada masa pandemi ini ada tantangan tersendiri dalam hal merekrut mahasiswa. Media sosial pun menjadi salah satu wadah yang efektif untuk melakukan promosi.

"Kami berharap mahasiswa yang telah melakukan banyak kajian dalam seminar ini bisa membantu, terutama dalam melakukan berbagai promosi tentang Unifa melalui media sosial," kata dia.

Baca Juga : Pascasarjana Unifa Ajak Pemkab Enrekang Kolaborasi Peningkatan SDM bagi ASN

Muliyadi menuturkan, dia sengaja hadir ke seminar yang yang digelar di Cinema 3 (SATIN) CGV Panakkukang Makassar, Rabu (3/2/2021), untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang menjadi tren ke depan, utamanya untuk kegiatan marketing.

Sementara itu, mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan adalah mata kuliah yang diambil setiap mahasiswa pascasarjana Unifa semester 3 Program Studi Ilmu Komunikasi. Tiap mahasiswa diwajibkan membuat seminar secara berkelompok atau grup.

 

Adapun Grup Panelis I yang tampil beranggotakan enam panelis yang masing-masing membahas berbagai sub tema. Mereka adalah Misriadi Mise dengan tema (No) Face to Face Selling, Andrie B. Syarif yang mengangkat sub tema Artificial Intelligence Marketing, Anna Maryani mempresentasikan sub tema Melihat Flywheel di Dunia Logistik, Muh. Alphiyan As. dengan sub temanya Search Engine Optimization for Brand Awareness, Wiwiek Dwi Endah S. mengulas tentang sub tema Medsos & Marketing Komunikasi, dan La Ode Alfian Friz dengan sub tema yang dibahas yaitu tentang Webisode untuk Para Marketer.

Baca Juga : Anti-mainstream, Mahasiswa Program Magister Komunikasi Unifa Gelar Seminar di CGV Panakkukang

Seminar yang dipandu oleh MC, Yudha Prawira Hasta ini juga menghadirkan dua dosen penanggap dari Unifa Makassar, yakni Citra Rosalyn Anwar dan Muh. Bisyri yang cukup banyak memberikan masukan bagi Grup Panelis I.

Citra mengatakan, tema seminar yang dipresentasikan oleh Grup Panelis I ini sudah layak untuk dijadikan sebuah karya ilmiah akhir berupa tesis. “Karena para panelis sebenarnya sudah melakukan riset di seminar ini. Sayang sekali jika tidak ada tindak lanjut berikutnya,” kata dia.

Bahkan dia berharap, tema besar dan setiap sub tema yang diulas masing-masing panelis dari Grup Panelis I bisa menjadi bahan mata kuliah untuk proses belajar mengajar di kampus Unifa.

Baca Juga : Unifa Makassar Kembali Gelar Seminar Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi

“Saya sendiri akan menjadikan tema-tema ini sebagai bahan mata kuliah saya karena saya yakin, masing-masing panelis sudah melakukan banyak kajian. Kebetulan saya mengajar satu mata kuliah yang punya kaitan erat dengan tema-tema yang dibahas,” ujarnya.

Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Unifa, Muhammad Asdar, mengungkapkan kewajiban menggelar seminar bagi calon magister di Unifa merupakan bagian dari mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan.

“Di Unifa, seminar seperti ini telah rutin dilakukan sejak tahun ajaran 2016-2017. Setiap mahasiswa wajib menggelar seminar publik dan menjadi pemateri sebelum meraih gelar magister,” tukasnya.

#unifa makassar #universitas fajar