Selasa, 26 Januari 2021 10:02

Unifa Makassar Kembali Gelar Seminar Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Para mahasiswa pascasarjana yang mengikuti seminar karya ilmiah.
Para mahasiswa pascasarjana yang mengikuti seminar karya ilmiah.

Seminar yang diadakan merupakan bagian dari proses belajar mengajar yang dilakukan antara mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Fajar (Unifa) Makassar Program Studi Magister Ilmu Komunikasi kembali menggelar seminar karya ilmiah bagi mahasiswa pascasarjana yang mengambil mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unifa Makassar yang juga dosen pengampu mata kuliah, Dr. Muhammad Asdar, M.Si mengatakan, mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan kali ini diikuti oleh mahasiswa pascasarjana semester 3 angkatan 2019.

"Di semester 3 ini total ada 25 mahasiswa yang tercatat mengikuti mata kuliah ini dan terbagi dalam lima grup panelis untuk mengadakan seminar, dengan tema besar dan sub tema yang ditentukan oleh masing-masing grup panelis," kata Asdar, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga : Pascasarjana Unifa Ajak Pemkab Enrekang Kolaborasi Peningkatan SDM bagi ASN

Menurut dia, seminar yang diadakan merupakan bagian dari proses belajar mengajar yang dilakukan antara mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah.

Asdar mengklaim, dari semua kampus yang memiliki Program Studi Magister Ilmu Komunikasi di Makassar, hanya di Unifa yang ada mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan dan masuk dalam kurikulum.

 

"Ini merupakan suatu kebanggaan sekaligus kelebihan yang dimiliki oleh Unifa. Mata kuliah tersebut juga bisa menjadi magnet bagi mahasiswa pascasarjana yang ingin mendaftar karena sekaligus melatih teman-teman mahasiswa untuk tampil di depan audience," bebernya.

Baca Juga : Rektor Harap Mahasiswa Bantu Promosi Unifa di Masa Pandemi COVID-19

Sejauh ini, lanjut dia, sudah ada satu grup panelis yang tampil dan grup panelis yang akan menggelar seminar berikutnya adalah Grup Panelis I yang beranggotakan enam orang mahasiswa pascasarjana Ilmu Komunikasi, dengan tema besar yang diusung adalah Marketing Communication Trends In 2021.

Sementara itu, Ketua Grup Panelis I mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan, Misriadi Mise, S.Sos menuturkan, tema besar yang diangkat oleh grup panelisnya tersebut juga akan dijabarkan oleh tiap panelis melalui sub tema masing-masing.

"Saya sendiri akan mempresentasikan sub tema "(No) Face to Face Selling," ujar Misriadi.

Baca Juga : Guru PAUD Masih Pakai Cara Konvensional, Dosen Unifa Latih Gunakan Multiple Intelligences

Sedangkan panelis lainnya yakni Andrie Besha Syarif, S.Sos akan mengangkat sub tema Artificial Intelligence Marketing, Anna Maryani, S.S akan menpresentasikan sub tema Melihat Flywheel di Dunia Logistik, Muh. Alphiyan As, S.I.Kom dengan sub temanya "Search Engine Optimization for Brand Awareness", Wiwiek Dwi Endah S., S.Sos akan mengulas tentang sub tema Medsos & Marketing Komunikasi, dan La Ode Alfian Friz, S.E dengan sub tema yang akan dibahas yaitu tentang Webisode untuk Para Marketer.

Misriadi mengungkapkan bahwa walaupun tiap panelis dalam Grup Panelis I rerata sudah memasuki dunia kerja, tetapi mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan merupakan sesuatu yang surprise buat mereka.

"Karena kami jadi memiliki tambahan ilmu lagi melalui kegiatan presentasi maupun materi masing-masing yang dibawakan saat seminar karya ilmiah nanti," tuturnya.

Baca Juga : Guru PAUD Masih Pakai Cara Konvensional, Dosen Unifa Latih Gunakan Multiple Intelligences

"Kami dari Grup Panelis I berharap, kegiatan ini juga dapat lebih mengasah skill, sekaligus menimba sesuatu yang baru dari yang kami pelajari di mata kuliah ini dan di seminar yang akan kami gelar karena kami memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi lebih dalam terkait tema yang kami pilih dari sisi teori, riset, termasuk pengaplikasiannya saat ini di berbagai industri untuk selanjutnya menjadi bahan diskusi yang menarik pada saat seminar karya ilmiah nanti," tukas Misriadi.

#Unifa #universitas fajar