Minggu, 31 Januari 2021 22:45

Pemkot Palopo Hadiri Rakornas Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Secara Virtual

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Palopo Hadiri Rakornas Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Secara Virtual

Hasil survei, ada 21% responden yang percaya bahwa Covid-19 merupakan konspirasi.

PALOPO - Sekretaris Daerah Kota Palopo Firmanza DP didampingi Forkopimda Kota Palopo mengikuti Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan Covid-19.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan yang dilaksanakan secara virtual di ruang rapat pimpinan lantai III Kantor Wali Kota Palopo, Minggu 31 Januari 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan, pemerintah perlu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya covid-19. Sebab, sebanyak 21% responden nasional percaya bahwa Covid-19 merupakan konspirasi sedangkan pada sosioekonomi rendah hanya separuh sekitar 56% yang menyadari kapasitas RS yang terbatas dengan tingginya kasus penularan.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Peran seluruh stakeholder sangat penting serta para Gubernur dan Wakil gubernur serta para Walikota/Bupati sampai dengan Kecamatan dan kelurahan untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya virus ini.

Penegakan disiplin aturan PPKM wajib dilakukan untuk menurunkan mobilitas masyarakat dan meningkatkan kepatuhan terhadap 3M Hal ini penting untuk menurunkan penambahan kasus baru dan angka kematian.

Opsi perubahan perilaku diharapkan bisa lebih dilakukan secara terukur antara TNI, Polri dan satpol PP sehingga perekonomian masih tetap berjalan namun jumlah kasus bisa ditekan.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan instruksi sosialisasi penerapan protokol kesehatan bagi ASN Kementerian Agama Republik Indonesia.

Seperti kakanwil, Kakan Kemenag, seluruh ASN dan pegawai harus menjadi teladan dengan setiap orang wajib menerapkan protkes setiap kegiatan kantor atau diluar kantor.

Seluruh jajaran kemenag wajib turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan penerapan protkes guna menurunkan laju penularan covid-19.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Sementara, Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin menyampaikan harus memberikan pengawalan program vaksinasi nasional seperti deteksi dini dan antisipasi setiap ancaman, gangguan dan hambatan dari setiap upaya yang hendak menggagalkan program ini.

Sosialisasikan secara masif kepada warga tentang pentingnya penggunaan vaksin dan awasi, pantau distribusi dan pelaksanaan berlangsung dengan lancar dan tepat sasaran.

Koordinasi, kerjasama dan sinergi dengan aparatur pelaksana dan pemangku kepentingan untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan program vaksinasi.

Baca Juga : Penjabat Walikota Palopo Hadiri Pelantikan Pengurus Jatman

Turut hadir pula Dandim 1403/SWG Letkol Inf Gunawan, Kapolres Kota Palopo AKBP Alfian Nurnas, Plt. Kadis Kesehatan Kota Palopo Taufiq, Kepala Kesbangpol Baso Sulaiman, Kasatpol PP Kota Palopo Ade Chandra serta undangan lainnya.

#pemkot palopo