Sabtu, 30 Januari 2021 08:31

Nunukan Uji Coba Tol Laut Rute Barru

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Syahbandar UPP Kelas II Garongkong Barru, Tarudi Manalu.
Kepala Syahbandar UPP Kelas II Garongkong Barru, Tarudi Manalu.

Kapal dari Nunukan sudah mulai melakukan uji coba jalur.

RAKYATKU.COM,BARRU - Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara membuat jalur tol laut dengan rute ke Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Kapal dari Nunukan sudah mulai melakukan uji coba jalur pada Selasa (26/1/2021).

Tol laut adalah penyediaan sistem distribusi logistik menggunakan kapal besar yang menghubungkan pelabuhan di jalur utama atau rute utama.

Manfaat tol laut utama adalah penurunan harga di daerah tertinggal, daerah terpencil, daerah terluar, dan daerah perbatasan. Sebab selama ini terjadi disparitas atau kesenjangan harga pada beberapa barang kebutuhan pokok.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Kepala Syahbandar UPP Kelas II Garongkong Barru, Tarudi Manalu mengatakan, rute tol laut dari Kabupaten Nunukan ke Barru ini sebelumnya diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Nunukan.

"Sudah ada kapal kargo yang uji coba kemarin, tapi belum muat barang. Mungkin setelah uji coba ini baru mereka beroperasi membawa barang. Dan kenapa rutenya ke Barru, menurut informasi yang diterima katanya mereka mau bawa barangnya ke Sulawesi Selatan lewat pelabuhan Barru," tutur Tarudi, Jumat (29/1/2021).

Penulis : Achmad Afandy
#barru #tol laut