Selasa, 26 Januari 2021 09:38

Biden Cabut Larangan Trump terhadap Orang Transgender di Militer

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Joe Biden
Joe Biden

Langkah untuk mencabut larangan transgender juga menjadi contoh terbaru Biden menggunakan otoritas eksekutif di hari-hari pertamanya sebagai presiden untuk membongkar warisan Trump.

RAKYATKU.COM -- Presiden AS, Joe Biden menandatangani perintah pada hari Senin yang mengubah kebijakan Pentagon era Trump yang sebagian besar melarang individu transgender untuk bertugas di militer.

Orde baru, yang ditandatangani Biden di Oval Office selama pertemuan dengan Menteri Pertahanan Lloyd Austin, membatalkan larangan yang diperintahkan oleh Presiden Donald Trump dalam sebuah tweet selama tahun pertamanya menjabat. Ini segera melarang anggota dinas untuk dipaksa keluar dari militer atas dasar identitas gender.

Perintah Biden mengatakan bahwa identitas gender seharusnya tidak menjadi penghalang untuk dinas militer.

Baca Juga : Joe Biden Tegaskan Ukraina Tidak Akan Jadi Kemenangan Rusia

"Amerika lebih kuat, di dalam negeri dan di seluruh dunia, jika itu inklusif. Militer tidak terkecuali," kata perintah itu.

"Membiarkan semua orang Amerika yang memenuhi syarat untuk mengabdi pada negara mereka dengan seragam lebih baik bagi militer dan lebih baik bagi negara karena kekuatan inklusif adalah kekuatan yang lebih efektif. Sederhananya, itu adalah hal yang benar untuk dilakukan dan merupakan kepentingan nasional kita," urainya.

Perintah tersebut mengarahkan departemen Pertahanan dan Keamanan Dalam Negeri untuk mengambil langkah-langkah untuk melaksanakan perintah untuk militer dan penjaga pantai. Dan dikatakan bahwa mereka harus memeriksa kembali catatan anggota layanan yang diberhentikan atau ditolak pendaftarannya kembali karena masalah identitas gender di bawah kebijakan sebelumnya.

Baca Juga : FBI Geledah Rumah Joe Biden, Dokumen Rahasia Ditemukan

Ini mengharuskan departemen untuk menyerahkan laporan kepada presiden tentang kemajuan mereka dalam 60 hari.

Biden secara luas diharapkan dengan cepat membatalkan kebijakan Trump. Dan langkah itu juga didukung oleh sekretaris pertahanan Biden yang baru saja dikonfirmasi, pensiunan Jenderal Angkatan Darat Lloyd Austin, yang berbicara tentang perlunya membatalkannya selama sidang konfirmasi Senatnya pekan lalu.

"Saya mendukung rencana presiden atau rencana untuk membatalkan larangan," kata Austin.

Baca Juga : Rapat Dadakan di Bali, Joe Biden Sebut Tak Mungkin Rudal Jatuh di Polandia Ditembakkan dari Rusia

"Jika Anda bugar dan Anda memenuhi syarat untuk melayani dan Anda dapat mempertahankan standar, Anda harus diizinkan untuk melayani," katanya seperti dikutip dari Reuters.

Di bawah kebijakan baru Biden, anggota layanan transgender tidak akan diberhentikan berdasarkan identitas gender. Mereka dapat melayani dalam gender pilihan mereka setelah transisi mereka selesai dan dicatat dalam sistem pelaporan pertahanan.

Keputusan itu diambil saat Biden berencana mengalihkan perhatiannya ke masalah ekuitas yang menurutnya terus membayangi hampir semua aspek kehidupan Amerika.

Baca Juga : Xi Jinping Tegas ke Biden Soal Taiwan, Garis Batas Pertama yang Tidak Boleh Dilanggar

Menjelang pelantikannya, tim transisi Biden mengedarkan memo dari Ron Klain, sekarang kepala staf Gedung Putih, yang menggambarkan rencana Biden untuk menggunakan minggu penuh pertamanya sebagai presiden untuk memajukan kesetaraan dan mendukung komunitas kulit berwarna dan komunitas lain yang kurang terlayani.

Langkah untuk mencabut larangan transgender juga menjadi contoh terbaru Biden menggunakan otoritas eksekutif di hari-hari pertamanya sebagai presiden untuk membongkar warisan Trump.

Tindakan awalnya termasuk perintah untuk membatalkan larangan administrasi Trump terhadap pelancong dari beberapa negara mayoritas Muslim, menghentikan pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko, dan meluncurkan inisiatif untuk memajukan kesetaraan rasial.

Baca Juga : Presiden Joe Biden Terkonfirmasi Positif Covid-19

Hingga beberapa tahun yang lalu anggota dinas bisa diberhentikan dari militer karena transgender, tetapi itu berubah selama pemerintahan Obama.

Pada 2016, Menteri Pertahanan Ash Carter mengumumkan bahwa transgender yang sudah bertugas di militer akan diizinkan untuk bertugas secara terbuka. Dan militer menetapkan 1 Juli 2017, sebagai tanggal ketika individu transgender diizinkan untuk mendaftar.

Namun, setelah Trump menjabat, pemerintahannya menunda tanggal pendaftaran dan meminta studi tambahan untuk menentukan apakah mengizinkan individu transgender untuk bertugas akan memengaruhi kesiapan atau efektivitas militer.

Baca Juga : Presiden Joe Biden Terkonfirmasi Positif Covid-19

Beberapa minggu kemudian, Trump mengejutkan para pemimpin militer, men-tweet bahwa pemerintah tidak akan menerima atau mengizinkan individu transgender untuk mengabdi dalam kapasitas apa pun di militer.

"Militer kita harus fokus pada kemenangan yang menentukan dan luar biasa dan tidak boleh dibebani dengan biaya medis yang luar biasa dan gangguan yang ditimbulkan oleh transgender di militer," tulisnya.

Setelah pertarungan hukum yang panjang dan rumit serta tinjauan tambahan, Departemen Pertahanan pada April 2019 menyetujui kebijakan baru yang tidak mencapai larangan habis-habisan tetapi melarang pasukan transgender dan rekrutan militer untuk beralih ke jenis kelamin lain dan mengharuskan sebagian besar individu untuk melayani di negara mereka.

#Joe BIden