Senin, 25 Januari 2021 17:41

"Saya Berharap Terbuka Hatinya Menteri Keuangan," Ketua Komisi IV Sesalkan Rencana Pemotongan Anggaran Kementan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin

Di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19, sektor pertanian sangat strategis dan mampu menyumbang pertumbuhan perekonomian nasional.

RAKYATKU.COM - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin menyesalkan adanya rencana pemangkasan anggaran tahun 2021 untuk Kementerian Pertanian (Kementan).

Menurut Sudin, sektor pertanian merupakan sektor yang harus diprioritaskan di tengah ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

"Saya sangat menyayangkan adanya rencana pemotongan anggaran sebesar Rp6 triliun. Padahal, di masa pandemi ini kita sangat membutuhkan peningkatan produksi pangan," ujar Sudin saat memimpin rapat kerja bersama Kementan, Senin (24/1/2021).

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Sebelumnya, tahun 2020 anggaran Kementan dipangkas sekitar Rp7 triliun dari sebelumnya Rp21 triliun.

Menurut Sudin, pemangkasan anggaran untuk sektor pertanian kurang tepat lantaran kebijakan pembangunan pertanian cukup besar. Terlebih lagi, sektor pertanian sangat strategis dan tidak terpengaruh terhadap krisis ekonomi yang melanda dunia.

"Di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19, sektor pertanian sangat strategis dan mampu menyumbang pertumbuhan perekonomian nasional," katanya.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

Oleh karena itu, Sudin meminta kepada seluruh jajaran Kementan untuk meningkatkan sinergitas antar kementerian dan lembaga dalam menggandeng mitra kerja. Langkah ini penting dilakukan untuk menambah pendanaan operasional peningkatan pertanian.

"Saya sangat berharap terbuka hatinya Menteri Keuangan untuk mengembalikan anggaran ke Kementan supaya kita tidak terkena krisis pangan," tutupnya.

#kementan