Minggu, 24 Januari 2021 16:04

4 Negara Ini Bayar Mahal Penduduknya Agar Mau Punya Anak

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Italia mengalami gelombang kemunduran dalam masalah angka kelahiran kecuali satu provinsi di sana.

RAKYATKU.COM - Enak banget pasangan suami istri yang hidup di negara ini. Bayangkan saja, pemerintah bakal memberi uang bagi penduduknya agar mau punya anak.

1. Finlandia
Negara yang satu ini dikenal dengan pendidikannya yang nomor satu di dunia. Meskipun begitu, ternyata ada hal lain yang jadi problematika di negara ini. Dilansir dari laman BCC, tingkat kelahiran di Finlandia sedang morat-marit. Bahkan di salah satu kota di sana bernama Lestijärvi, sempat hanya 1 anak saja yang dilahirkan dalam kurun waktu satu tahun.

Alhasil, pemerintah lokal pun menyiasati masalah tersebut dengan memberikan tunjangan 10 ribu Euro (Rp155 juta). Namun uang ini tak langsung diberikan, melainkan akan dibayarkan dalam kurun waktu 10 tahun. Kebijakan ini nampaknya cukup berhasil, terbukti dengan lahirnya 60 bayi di Lestijärvi pada 2019 lalu.

Baca Juga : 

2. Estonia
Tak jauh beda dengan Finlandia, negara yang berada di semenanjung teluk Balkan ini angka kelahirannya kian merosot dalam dekade terakhir. Nah untuk menyelesaikan masalah yang telah berlarut-larut ini akhirnya Estonia memberikan banyak kelonggaran berupa cuti bersama keluarga. Tujuannya, tahu sendirilah, biar makin erat hubungan suami istri dan akhirnya angka kelahiran jadi meningkat.

Tak sampai di situ, pada tahun 2017 bahkan negara ini memberikan tunjangan khusus. Kalau memiliki anak pertama maka akan dapat tunjangan bulanan sebesar 60 Euro, atau sekitar Rp900 ribu, 60 Euro untuk anak kedua, dan 100 Euro atau Rp1,5 juta untuk anak ketiga. Nah kalau lebih dari tiga, ada bonus sebesar 300 Euro, atau Rp4,6 juta.

 

3. Prancis
Negara yang satu ini juga punya cara yang hampir sama dalam menangani masalah angka kelahiran yang merosot. Salah satu upayanya adalah memberikan ‘hibah kelahiran’ sebesar 950 euro atau sekitar Rp14,7 juta. Tak sampai di situ, ternyata Prancis juga memberikan tunjangan anak yang akan dibayarkan tiap bulannya.

 

Saking inginnya pemerintah negara ini agar kelahiran naik, sampai-sampai ada kebijakan pengurangan pajak penghasilan hingga biaya penitipan anak yang disubsidi negara. Dilansir dari laman BCC, lantaran ada kebijakan itu, angka kelahiran di negara ini jadi lumayan naik pada tahun 2018, bahkan jadi yang nomor satu di Uni Eropa.

4. Italia
Italia juga mengalami gelombang kemunduran dalam masalah angka kelahiran kecuali satu provinsi di sana. Ya, itu semua terjadi karena di kota Bolzano punya kebijakan otonom yang ramah dengan kelahiran. Bagaimana tidak, pasalnya kota ini siap memberikan tunjangan sebesar 200 Euro, atau Rp3,1 juta tiap bulannya untuk seorang anak.

Angka tersebut lumayan besar, bahkan dua kali lipat tunjangan tingkat nasional di sana. Alhasil jangan kaget kalau di sana, fasilitas penitipan anak sangat mudah dijumpai ketimbang yang lain karena memang pemerintah sangat mendukung warganya.

#viral #Unik