Sabtu, 23 Januari 2021 23:23

Dipimpin Sekda Barru, Mobil Kolaborasi Kemanusiaan Bertolak ke Sulbar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, yang melepas delegasi bantuan untuk gempa Sulbar, Sabtu (23/1/2021).
Bupati Barru, Suardi Saleh, yang melepas delegasi bantuan untuk gempa Sulbar, Sabtu (23/1/2021).

Bantuan ini merupakan gelombang ketiga, setelah delegasi pertama diinisiasi komunitas pemuda daerah dan yang Kedua melalui Camat Barru bersama desa/lurahnya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Hari jadi Kabupaten Barru yang ke-60 tahun 2020 lalu, Pemkab Barru menghadirkan Ustaz Abdul Somad (UAS). UAS terpukau dengan daerah yang kecil berpenduduk rendah, tetapi mampu mengumpulkan zakat hingga Rp18 miliar.

UAS kemudian menyebutkan bahwa sukses itu karena kebijakan pemimpin pemerintah daerah yang mendorong rakyatnya untuk berpartisipasi. Hal ini kemudian menginspirasi Pemkab Barru untuk terus memperkuat sinergi harmonis antara pemerintah, ulama, forkopimda, pengusaha, dan akademisi, serta masyarakatnya untuk hadir pada hampir tiap momen kemanusiaan.

Seperti yang dilakukan oleh Bupati Barru, Suardi Saleh, yang melepas delegasi bantuan untuk gempa Sulbar, Sabtu (23/1/2021). Bantuan ini merupakan gelombang ketiga, setelah delegasi pertama diinisiasi komunitas pemuda daerah dan yang Kedua melalui Camat Barru bersama desa/lurahnya.

Baca Juga : 

Di delegasi ketiga ini, bertajuk "Kolaborasi Kemanusiaan" sebagaimana yang telah diinstruksikan Suardi Saleh sejak hari pertama gempa Sulbar terjadi. Bantuan berupa sembako dan pakaian layak, air mineral selanjutnya akan disalurkan kepada warga korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar).

"Selamat sampai tujuan dan jaga kesehatan, semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan meringankan beban untuk korban di Sulbar," pesan Suardi Saleh kepada rombongan yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Barru, Abustan AB.

Rombongan Kolaborasi Kemanusiaan yang membawa bantuan pelbagai ragam dan jenis ini, dibawa oleh iring-iringan mobil yang berisi paket "Kolaborasi Kemanusiaan Barru untuk Gempa Sulbar". Jajaran kepolisian dan Satpol PP juga ikut mengantar bantuan agar tiba dan tepat sesuai amanah masyarakat Barru.

 

Di antara yang memberikan bantuan, adalah Forum Anak dan Forum Generasi Berencana (Genre) Barru. Anak-anak yang tercerahkan ini, tahun lalu pada bencana alam banjir bandang di Luwu Utara pernah mengumpulkan donasi yang membuat Barru-Luwu Utara memiliki ikatan emosional kuat.

"Alhamdulillah dana yang dikumpulkan dari Forum Anak dan Genre saja, sejumlah uang Rp65.783.000, beras 3.388 ton, beberapa dos air mineral, mi dan lainnya," sebut Jamaluddin selaku Kadis PMD yang membina jiwa kemanusiaan Anak dan Genre Barru sembari menyampaikan bahwa bantuan ini adalah amanah anak Barru untuk anak Mamuju dan Majene yang terdampak gempa.

Selain itu, tercatat beberapa organisasi masyarakat, organisasi profesi, dan komunitas yang tergabung dalam "Kolaborasi Kemanusiaan" untuk gempa Sulbar ini.

Turut mendampingi Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Dinas Sosial, Kepala DPMDPPA KB, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala DPMPTSP, Kepala Dikdukcapil, Camat Balusu, dan Camat Tanete Rilau, serta sejumlah kepala desa.

Penulis : Achmad Afandy
#gempa sulbar #Bantuan Gempa Sulbar