Sabtu, 23 Januari 2021 15:31

Wali Kota Palopo Ikuti Peringatan Hari Perlawanan Rakyat Luwu secara Virtual

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Palopo Ikuti Peringatan Hari Perlawanan Rakyat Luwu secara Virtual

Peringatan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu kali ini dilaksanakan secara sederhana mengingat pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

PALOPO - Pemerintah Kota Palopo mengikuti peringatan Hari Jadi Luwu ke-753 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-75 secara virtual di Rujab Walikota Palopo, Sabtu 23 Januari 2021. Acara ini dipusatkan di Kabupaten Luwu Utara.

Nampak hadir secara virtual dari Pemkot Palopo antara lain Wali Kota Palopo M Judas Amir, Kepala Inspektur Kota Palopo Asir Mangopo, Asisten I Burhan Nurdin, Asisten III M. Ishaq Iskandar, Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo Wahyudin.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu kali ini dilaksanakan secara sederhana karena mengingat pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

"Bahkan kita ketahui bahwa terus meningkatnya kasus positif dibandingkan sebelumnya dan kondisi juga ini mengakibatkan upacara dan ritual adat secara kegiatan lainnya yang biasanya digelar tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya," ucap Indah.

"Meskipun demikian bahwa kemeriahan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan kali ini kita pindahkan ke diri masing-masing yang ditunjukkan secara kualitas," lanjut Indah.

Dijelaskan, peringatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini adalah momentum untuk mengenang nilai-nilai sejarah perjuangan rakyat luwu sekaligus mengingat kembali akan kebesaran Kerajaan Luwu di masa silam.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang hadir turun menyampaikan selamat Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu kepada seluruh masyarakat di Tana Luwu.

"Kita ketahui bahwa peringatan ini dilaksanakan dengan begitu sederhana karena kita masih berada dalam kondisi pandemi covid-19," kata Sudirman.

Dia turut menjelaskan, vaksin Covid-19 untuk Sulawesi Selatan telah ada di provinsi dan siap untuk diberikan ke setiap daerah. Ini salah satu langkah efektif untuk membantu program pemerintah pusat dalam langkah mengurangi penyebaran covid-19.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Wagub juga menyampaikan untuk terus mematuhi protokol kesehatan setelah divaksin bukan berarti kita tidak lagi memakai masker tapi tetapi menjaga protokol kesehatan.

#pemkot palopo