Sabtu, 23 Januari 2021 11:02

Asnawi Mangkualam Dikontrak Klub Liga Korsel, Ternyata Rekomendasi Pelatih Timnas

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asnawi Mangkualam (kiri)
Asnawi Mangkualam (kiri)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menganggap karakter Asnawi sangat mirip dengan bek Timnas Korea, Choi Hyo-jin.

RAKYATKU.COM -- Asnawi Mangkualam bikin bangga. Dia sudah berkali-kali melewati prestasi ayahnya, Bahar Muharram.

Bahar Muharram adalah legenda hidup PSM. Bek yang sangat disegani lawan. Dia ikut menjadi pilar saat PSM menjadi juara Perserikatan tahun 1992.

Asnawi sudah mengoleksi lebih banyak gelar. Dua kali juara bersama PSM. Kemudian, jadi langganan Timnas PSSI. Tim junior hingga senior.

Sekarang, pemain jebolan SSB Hasanuddin itu, sudah lebih jauh lagi. Dia baru saja dikontrak klub K-League, Ansan Greeners FC.

"Pada tanggal 19 diputuskan untuk mengontrak bek timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. Jangka waktu kontrak ditetapkan 1 tahun (dengan opsi perpanjangan satu tahun)," ujar kepala tim Ansan Greners FC, Joo Chan-yong seperti dikutip dari Naver Sports.

 

Awalnya, Joo Chan-yong tak terlalu yakin dengan kemampuan Asnawi. Maklum, dari segi postur, lebih pendek dibandingkan rata-rata pemain Korea.

 

Namun, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberi garansi. Dia yang pernah menangani Asnawi paham betul kemampuan anak muda asal Antang, Makassar itu.

Bertenaga kuda, Asnawi dia sangat tangguh sebagai bek sayap. Punya semangat tinggi. Ngotot. Itu yang tidak banyak dimiliki pemain kebanyakan.

"Sebagai seorang bek, dia adalah pemain dengan tekad dan bersemangat. Dia pemain yang menjanjikan yang memperkuat Timnas di semua usia di Indonesia. Ia saat ini aktif di timnas junior di bawah usia 23 tahun dan timnas senior," puji Shin Tae-yong seperti dikutip dari KBS.

"Dia bertugas untuk mempertahankan sayap kanan, dan saat bertahan dia punya tubuh yang kuat dan siap menghadang pemain depan lawan. Dia mirip sekali dengan permainan bek Timnas Korea, Choi Hyo-jin," jelas Shin Tae-yong.

Lewat akun media sosial Facebook resminya, Ansan Greeners FC menyambut Asnawi dengan memasang foto bendera merah putih. Bertuliskan "SELAMAT DATANG". Klub sengaja belum menampilkan wajah Asnawi.

#Asnawi Mangkualam