Rabu, 20 Januari 2021 13:55

Disdukcapil Parepare Sediakan Layanan Khusus Kependudukan bagi Korban Gempa Sulbar

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Disdukcapil Parepare Sediakan Layanan Khusus Kependudukan bagi Korban Gempa Sulbar

Tidak perlu bukti fisik dan datang ke kantor, pihak kelurahan akan mendatangi titik-titik pengungsian di wilayah mereka untuk mendata para pengungsi.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam memberikan pelayanan maksimal kepada para pengungsi, diwujudkan dalam berbagai hal. Bukan hanya pada pelayanan kesehatan, namun juga pada layanan administrasi kependudukan.

Menurut Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, Adi Hidayat, dokumen kependudukan sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

"Khusus bagi para korban gempa, prioritas utama mereka adalah menyelamatkan diri sehingga kemungkinan dokumen kependudukannya tidak sempat dibawa serta pada saat peristiwa terjadi. Oleh karenanya pemerintah hadir untuk memastikan beban mereka tidak bertambah karena dokumen kependudukannya tidak terselamatkan," ujar Adi Hidayat, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Tidak perlu bukti fisik dan datang ke kantor, pihak kelurahan akan mendatangi titik-titik pengungsian di wilayah mereka untuk mendata para pengungsi.

"Kami berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pendataan korban gempa yang dokumen kependudukannya tidak terselamatkan. Laporan dari kecamatan dan kelurahan menjadi dasar kami untuk melakukan pencetakan ulang," urai Adi, sapaan karib dia.

Pendataan itu dari pihak kelurahan dan kecamatan juga bermaksud untuk memastikan kebutuhan pokok dan kesehatan para pengungsi dapat terlayani.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

"Khusus untuk KTP elektronik sepanjang sudah melakukan perekaman, bisa kami cetak langsung. Sedangkan untuk dokumen lainnya, kami akan koordinasi dengan Dukcapil daerah asal, tetapi pencetakannya tetap kami lakukan di Parepare," papar Adi.

Lanjut adi, dokumen yang telah tercetak akan diantarkan langsung ke tempat pengungsi.

"Dokumen yang sudah tercetak akan kami antar langsung dengan berkoordinasi bersama Lurah dan Camat setempat. Intinya pelayanan Dukcapil harus membahagiakan, khususnya bagi saudara-saudara kita korban gempa," ulas Adi.

Baca Juga : Pemkot Parepare Raih Kuota Formasi CPNS 2024 Sebanyak 88 Kursi

Sebelumnya, Wali Kota Parepare Taufan Pawe berpesan agar para jajarannya memastikan para pengungsi dapat terlayani dengan baik.

Pemeriksaan kesehatan secara kontinyu, pemberian bantuan dan dokumen kependudukan menjadi perhatian.

"Saya tidak ingin ada pengungsi yang tidak terlayani. Mari kita berikan pelayanan yang maksimal," pesan Taufan Pawe.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare