Selasa, 19 Januari 2021 16:16

Ke Sulbar, Jokowi Ingin Pastikan Penanganan Korban Gempa Ditangani dengan Baik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Kabupaten Mamuju, Sulbar, Selasa (19/1/2021).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Kabupaten Mamuju, Sulbar, Selasa (19/1/2021).

"Ini yang ingin saya pastikan berada di sini," kata Jokowi usai mengunjungi tenda-tenda pengungsi.

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), pasca kejadian gempa, Selasa (19/1/2021).

Dalam kunjungan ini, jokowi mendatangi pusat pengungsian korban gempa untuk memastikan penanganan bencana berjalan dengan baik.

Jokowi awalnya meninjau Kantor Gubernur Sulbar yang ambruk, pada pukul 12.00 Wita. Dia lalu bergeser ke pusat pengungsian di Stadion Manakarra, Kelurahan Rimuku, Mamuju.

Baca Juga : Fadli Zon Usul Ibu Kota Baru Dinamakan Jokowi

Jokowi kemudian mengunjungi satu per satu tenda pengungsi dan membagikan makanan siap saji kepada anak-anak korban gempa.

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat kemudian logistik, pengungsi, dan juga tenda-tenda pengungsi dikelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan berada di sini," kata Jokowi usai mengunjungi tenda-tenda pengungsi.

 

Setelah melihat kerusakan bangunan akibat gempa, Jokowi menyebut gedung-gedung pemerintah yang rusak akan segera diaudit dan dibangun kembali.

Baca Juga : Pemerintah Siapkan Bansos Rp600 Ribu untuk PKL, Pemilih Warung, dan Nelayan

Selain pemulihan gedung-gedung pemerintah yang ambruk, Jokowi juga berbicara soal bantuan untuk rumah-rumah korban gempa yang ambruk.

Sponsored by MGID

"Kemudian proses pelayanan di pemerintahan juga akan kembali normal. Untuk yang rusak berat 50 juta, untuk rusak sedang 25 juta, dan untuk yang rusak ringan yang hanya retak-retak 10 juta," tambahnya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi bersama dengan rombongan di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljon, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Kepala BNPB Doni Monardo, hingga Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Penulis : Syukur
#gempa sulbar #Joko Widodo