Minggu, 17 Januari 2021 22:59

Wagub Sulsel Tak Ikut Rombongan ke Sulbar, Ternyata Ada Kaitannya dengan Vaksinasi Covid-19

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wagub Sulsel, Andi Sudirman melepas rombongan pembawa bantuan untuk korban gempa Sulbar, Minggu (17/1/2021).
Wagub Sulsel, Andi Sudirman melepas rombongan pembawa bantuan untuk korban gempa Sulbar, Minggu (17/1/2021).

Wagub sendiri tak ikut serta ke Sulbar. Maklum, Andi Sudirman baru tiga hari lalu menjalani vaksinasi Covid-19. Dia butuh istirahat menjelang vaksinasi tahap kedua.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Tumben Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman tak turun ke lokasi bencana. Dia hanya melepas rombongan yang membawa bantuan, Minggu (17/1/2021).

Hari ini, rombongan besar dari Sulsel berangkat ke Sulbar. Gabungan Pemerintah Provinsi Sulsel, Satuan Brimob Polda Sulsel, dan sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Turut bergabung dalam rombongan ini, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan, organisasi kemahasiswaan, pemuda, dan masyarakat, serta tenaga medis.

Baca Juga : 

Bendahara FKUB Sulsel, Yonggris mengapresiasi aksi sosial kemanusiaan yang diinisiasi Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

 

"Kegiatan sosial ini tepat untuk menyatukan solidaritas. Ada (perwakilan dari agama) Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, lengkap semua," kata Yonggris.

FKUB Sulsel, kata dia, selain menyiapkan bantuan untuk para korban, turut mengirim utusan dari beberapa pemuda FKUB.

 

Menurutnya, kegiatan sosial ini lebih efektif dibandingkan dialog antar agama. "Ini jauh lebih efektif, membangun solidaritas manusia. Kegiatan sosial lebih kritikal, ada sentuhan fisiknya," katanya.

Rusdi selaku ketua panitia "Sulsel Peduli Gempa Sulbar" menyampaikan, bahwa ada 28 komunitas dan organisasi yang ikut.

Mereka yakni Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sulsel, Andalan Sulsel Peduli, PW Nasyiatul Aisyiyah Sulsel, PW IPM Sulsel, DPD IMM Sulsel, PW PM sulsel, Pelaut Indonesia Peduli, Japnas Sulsel, Elektro UH 01, Yasir Machmud Community, Mesin UH 01, PW IPIM Sulsel, Amphuri DPF Sulampua, Al Markaz Al Islamiyah Makassar, Ije Squad Community/Relawan Santri, GMKI Makassar, Developer Prosyar Sulsel, FOSSEI Sulselbar dan Papua, Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), FKUB Sulsel, Majelis Tinggi Agama Khonghucu (Matakin), Perhimpunan Tionghoa Indonesia, HMI Cabang Makassar Timur, Universitas Islam Makassar, Andalan Berbagi, MUI, Teknik 01, serta Satuan Brimob Polda Sulsel.

Beragam bantuan yang disiapkan untuk korban terdampak gempa. Di antaranya bahan makanan, pakaian, sarung, kebutuhan anak dan bayi, serta vitamin dan masker.

Wagub Tak Ikut

Wagub sendiri tak ikut serta ke Sulbar. Maklum, Andi Sudirman baru tiga hari lalu menjalani vaksinasi Covid-19. Dia butuh istirahat menjelang vaksinasi tahap kedua.

"Alhamdulillah, setelah divaksin, beberapa hari ini saya baik-baik saja. Tidak ada efek mengkhawatirkan seperti kabar yang tidak benar yang tersebar," ujarnya saat melepas rombongan Sulsel Peduli Gempa Sulbar di rumah jabatan wagub Sulsel, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Minggu (17/1/2021).

Hanya saja, dirinya perlu beristirahat cukup dan mengurangi aktivitas jelang vaksinasi kedua. Itu sebabnya, Andi Sudirman tidak ikut dalam rombongan aksi kemanusiaan ke Sulbar.

Soal efek vaksinasi, dia mengaku hanya sempat terasa pegal di area yang disuntik. Namun, itu pulih dengan sendirinya dalam waktu tidak terlalu lama.

"Saya kira, ini bukti jika tidak perlu lagi ada kekhawatiran untuk melakukan vaksinasi. Ayo masyarakat Sulawesi Selatan untuk mendukung dan ikut melakukan vaksin Covid-19 menuju Indonesia sehat," ajak ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sulsel ini.

"Apalagi banyak hoax yang tersebar soal vaksin. Kita sebagai manusia biasa hanya perlu ikhtiar," katanya.

"Jika Bapak Presiden sudah vaksin, saya juga harus tunjukkan ke masyarakat agar masyarakat percaya. Kami adalah pelayan. Harus memberikan contoh ke masyarakat, adil ke masyarakat dan bekerja ikhlas untuk masyarakat," tegasnya.

 

Penulis : Irmawati Azis
#gempa sulbar #Wagub Sulsel