Minggu, 17 Januari 2021 18:02

Unhas Kirim Satu Ton Bakso Sapi dan Ayam Palekko ke Sulbar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Unhas Kirim Satu Ton Bakso Sapi dan Ayam Palekko ke Sulbar

Fakultas Peternakan mendonasikan 630 kg daging sapi yang diolah menjadi bakso siap konsumsi menjadi 2.500 paket.

RAKYATKU.COM -- Unhas tampil beda di setiap bencana. Sudah dua kali bencana besar, mereka selalu mengirim bakso.

Hari ini, Minggu (17/1/2021), Unhas melalui Fakultas Peternakan mengirim satu ton bakso dan ayam palekko ke Sulbar. Semuanya sudah siap untuk dikonsumsi.

Pelepasan bantuan berlangsung pukul 14.00 wita di lokasi pengolahan bakso, kawasan Teaching Farm Unhas, Kampus Tamalanrea.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Bersama CSR Perusahaan Kirim Bantuan Rp1 Miliar untuk Gempar Sulbar

Ketua Panitia, Dr Ir Hikmah, SPt, MSi, IPU menjelaskan, donasi ini dipersiapkan dalam waktu dua hari. Bekerja sama dengan PT Charoen Pokphan.

Pihaknya mengolah 400 kg ayam potong. Kemudian dimasak menjadi ayam palekko sebanyak 1.500 paket.

Fakultas Peternakan sendiri mendonasikan 630 kg daging sapi yang diolah menjadi bakso siap konsumsi menjadi 2.500 paket.

Baca Juga : Rusak Akibat Gempa, Masjid Babul Jannah Majene Kembali Dibangun

"Jadi total daging ayam dan sapi yang kita siapkan sebanyak 1 ton. Diberangkatkan sore nanti ke lokasi bencana. Kami berharap, 3.500 paket bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini sedang membutuhkan bantuan," jelas Hikmah.

General Manager HC, PT Charoen Pokphand Indonesia, Baso Alim Bahri SPsi, MAdm, SDA, menyampaikan apresiasi kepada Unhas. Khususnya Fakultas Peternakan atas inisiatif yang responsif.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Kembali Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Gempa Sulbar

Pihaknya juga berterima kasih telah diajak dalam kolaborasi kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat di lokasi bencana.

"Semoga Pokphan tetap bisa mendukung dan terlibat secara aktif bersama Unhas memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Pokphan sendiri telah menyalurkan bantuan logistik lainnya kepada warga di sana. Kita berharap, kerja sama ini membawa kebaikan bagi semua orang," jelas Alim.

Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof Dr Ir Lellah Rahim, MSc menyampaikan bahwa sivitas akademik dan dharma wanita Fakultas Peternakan juga terlibat dalam donasi.

Baca Juga : Asmo Sulsel dan Komunitas Motor Honda Salurkan Donasi kepada Korban Gempa Sulbar

Respons bencana dan situasi darurat telah menjadi langkah yang selalu diambil Fakultas Peternakan, yang merupakan bentuk implementasi humaniversity.

Prof Lellah menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat guna membantu proses pendistribusian dan membantu mengawal pengiriman bantuan agar dapat sampai di lokasi bencana.

Hal ini untuk memastikan bantuan tersalurkan secara merata kepada pihak yang benar-benar membutuhkan.

Baca Juga : Gandeng Ije Squad Makassar, Partai Islam Se-Malaysia Ikut Bantu Korban Gempa Sulbar

"Ini adalah bantuan tahap pertama. Kami akan melanjutkan proses donasi dari berbagai pihak, dan mempersiapkan penyaluran berikutnya. Bantuan bakso dan ayam ini relatif bermanfaat, karena dapat langsung dikonsumsi, dan dapat bertahan selama beberapa hari, serta memiliki kandungan gizi yang tinggi," kata Prof Lellah.

Pelepasan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Unhas, Prof dr Nasrum Massi, SpMK, PhD.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan, Unhas sudah banyak bergerak menyalurkan bantuan, seperti tenaga medis dan tim tanggap darurat. Fakultas-fakultas di Unhas secara proaktif mengambil inisiatif.

Baca Juga : Gandeng Ije Squad Makassar, Partai Islam Se-Malaysia Ikut Bantu Korban Gempa Sulbar

"Ini merupakan bentuk kepedulian Unhas dan tanggung jawab tridarma perguruan tinggi. Kami sangat mendukung dan terus mengawal setiap donasi yang akan disalurkan. Semoga ini menjadi amal ibadah kita semua," ungkap Prof Nasrum.

 

#gempa sulbar