Rabu, 13 Januari 2021 14:14

Usai Disuntik Vaksin Presiden Jokowi Mesti Menunggu 30 Menit, Untuk Apa?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.
Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.

Meski sudah diberikan vaksin, Presiden Joko Widodo dan tokoh-tokoh lain yang mendapat vaksinasi tidak bisa langsung meninggalkan Istana Kepresidenan.

RAKYATKU.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia yang digelar di Istana Kepresidenan, Rabu (13/1/2021) pagi.

Jokowi jadi orang Indonesia pertama yang disuntik vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Profesor Abdul Muthalib menjadi dokter yang menyuntikan vaksin itu.

Meski sudah diberikan vaksin, Jokowi dan tokoh-tokoh lain yang mendapat vaksinasi tidak bisa langsung meninggalkan Istana Kepresidenan. Mereka harus menunggu setidaknya 30 menit di lokasi.

Baca Juga : 

Mengutip akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informasi (@kemenkominfo), semua orang yang sudah menerima vaksin COVID-19 diwajibkan menunggu 30 menit di lokasi.

Hal ini ternyata sudah tercatat pada petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

"Bagi mereka yang disuntik vaksin Covid-19 disarankan untuk menunggu di fasilitas kesehatan minimal selama 30 menit untuk mengantisipasi terjadinya KIPI [efek samping]," tulis akun Instagram @kemenkominfo.

 

Vaksin COVID-19 secara umum tidak menimbulkan efek samping. Akan tetapi, apabila terjadi biasanya hanya reaksi ringan, seperti sebagai berikut.

1. Reaksi lokal (nyeri, kemerahan bengkak)
2. Reaksi sistemik (demam, nyeri otot, nyeri sendi, badan lemas, dan sakit kepala)
3. Reaksi lain (alergi, urtikaria, anaflaksis, dan pingsan)

Petugas kesehatan akan memberikan penanganan apabila muncul efek samping. Kemenkominfo menulis peserta vaksinasi yang menderita gejala reaksi lokal akan diberikan kompres dingin dan minum paracetamol.

Sementara itu, penerima vaksin yang mengalami gejala sistemik akan diminta air minum lebih banyak, menggunakan pakaian nyaman, kompres atau air mandi hangat, dan minum paracetamol.

#Joko Widodo #Vaksin Covid-19