Senin, 11 Januari 2021 23:58

Cerita Dokter Sedot Urine Lansia di Atas Pesawat, Alhamdulillah Selamat

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dokter sedot urin pasien | youtube.com
Dokter sedot urin pasien | youtube.com

Salut apa yang dilakukan Dr Zhang dan Dr Xiao.

RAKYATKU.COM - Dr Zhang diacungi jempol. Dia menyelamatkan nyawa seorang kakek dalam penerbangan China Southern Airlines CZ 399 Guangzhou - New York pada Selasa 19 November 2019 lalu.

Kala itu, ada salah seorang penumpang pesawat yang mengidap retensi urine akut, dan mulai menunjukkan tanda-tanda shock karena urinya tidak bisa keluar. Penyakit ini dia idap karena faktor usia.

Melihat ini, dua orang dokter bedah yang kebetulan berada dalam penerbangan tersebut, yaitu Dr Zhang dan Dr Xiao langsung turun tangan. Hasil diagnosis awal memperkirakan ada satu liter urine di dalam kantung kemih pria tua tersebut, padahal kapasitas normal kantung kemih hanyalah 600 ml.

Baca Juga : 

Kedua dokter ini lalu membuat alat kateter darurat dengan menggunakan masker oksigen, jarum suntik, dan sedotan minuman. Kantung kemih pria itu lalu ditusuk dengan jarum untuk mengalirkan urin di dalamnya.

Sayangnya, jarum tersebut terlalu kecil ditambah peralatan yang mereka miliki segera terbatas. Sementara itu, kondisi korban semakin parah.

Akhirnya, Dr Zhang mengambil tindakan suction manual. Dia menyedot urin tersebut secara manual. Dr Zhang menyedot ujung tabung dan meludahkan urine ke sebuah cangkir. Cara ini efektif.

 

Dia berhasil mengalirkan sekitar 800 ml urine dan nyawa kakek itu pun berhasil diselamatkan. Dr Zhang hanya mengingatkan agar kakek itu segera memeriksakan diri di rumah sakit.

"Ketika saya melihat pria tua itu dalam kesusahan, saya berpikir bagaimana saya bisa membantu meringankan ketidaknyamanannya. Pada akhirnya, aku hanya melakukan tugasku sebagai dokter." kata Dr Zhang.

#viral #sedot urine