Sabtu, 09 Januari 2021 21:03

Rizieq Shihab Tak Lagi Jadi Imam Besar di FPI

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rizieq Shihab. (Foto: Kompas)
Rizieq Shihab. (Foto: Kompas)

Rizieq Shihab bisa jadi akan menjadi penasihat.

RAKYATKU.COM - Rizieq Shihab tidak lagi menjabat imam besar di organisasi Front Pemersatu Islam (FPI).

"Beliau (Rizieq) mungkin akan jadi penasihat," kata Sekretaris Bantuan Hukum DPP Front Pemersatu Islam atau FPI, Aziz Yanuar, Sabtu (9/1/2021).

Aziz mengatakan, hingga kini pihaknya belum menentukan siapa ketua umum organisasi yang baru dideklarasikan pada Jumat (8/1/2021) malam.

Baca Juga : Munarman Divonis Tiga Tahun Penjara, Jauh Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa

Ahmad Sobri Lubis, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum Front Pembela Islam yang telah dilarang pemerintah, kini belum dipastikan akan memimpin organisasi baru itu.

"Tapi sekretariatnya tetap di Petamburan III," ucap Aziz.

Aziz berujar, organisasi baru ini dideklarasikan oleh 15 orang yang dahulunya merupakan pentolan FPI.

Baca Juga : Ferdinand Hutahaean Diminta Bertobat dan Belajar Agama dari Habib Rizieq

Mereka antara lain Ahmad Sobri Lubis, Awit Mashuri, Abdurahman Anwar, Qurtubi Jaelani, Maksum Hasan, Muchsin Alatas, Teungku Muslim Attahiri, Umar Abdul Aziz Assegaf, Umar Asegaf, Bagir bin Syech Abubakar, Hasan Assegaf, Muhammad Arif Nur, Alwi Baraqah, Faisal Alhabsy, dan Munarman.

Dalam keterangan di deklarasi tersebut, nama "persaudaraan" dipilih untuk menggantikan nama "persatuan" yang sebelumnya sudah dideklarasikan FPI pada 30 Desember 2020. Menurut para deklarator, nama Persatuan Islam sudah pernah ada sejak zaman perjuangan kemerdekaan.

"Untuk menghormati saudara tua kami yang sudah terlebih dahulu menggunakan nama Persatuan Islam, maka dengan ini kami mewakili deklarator terdahulu, menyatakan mengganti nama menjadi Front Pemersatu Islam," bunyi penggalan deklarasi itu.

Baca Juga : Belum Dapat Perhatian Pemerintah, Begini Kondisi Pondok Pesantren Milik Hakim yang Sidangkan Habib Rizieq Shihab

Sumber: Tempo

#Habib Rizieq Shihab #FPI #Front Pemersatu Islam