Jumat, 08 Januari 2021 18:31

Indonesia Butuh Hampir 400 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tiap warga nantinya akan menerima dua kali suntikan vaksin COVID-19.

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi kebutuhan vaksin COVID-19 Indonesia hampir mencapai 400 juta dosis. Jumlah itu untuk disuntikkan kepada 182 juta warga.

Jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan dua kali lipat dari target warga yang akan diberi vaksin. Itu karena karena tiap warga nantinya akan menerima dua kali suntikan vaksin COVID-19.

"Total nantinya yang disuntik 182 juta orang. Dua kali suntiknya, berarti vaksinnya butuh dua kali 182 juta, bisa dibayangkan hampir 400 juta kebutuhan vaksinnya," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga : Gebyar Vaksin Covid-19, Pemkab Gowa Siapkan Doorprize Puluhan Sepeda Motor

Jokowi menyatakakan, program vaksinasi rencananya akan dimulai pada pekan depan. Akan tetapi, pelaksanaannya masih menunggu terbitnya izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Nanti kalau sudah 182 juta penduduk yang divaksin atau 70 persen dari jumlah penduduk itu akan terjadi yang namanya kekebalan komunal," ucap Jokowi.

Meskipun proses vaksinasi diperkirakan bisa dimulai pekan depan, Jokowi mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga : Pria Ini Divaksinasi 90 Kali demi Jual Kartu Vaksin Palsu

Jokowi juga kembali memastikan dirinya akan menjadi yang pertama disuntik vaksin COVID-19. Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terkait keamanan vaksin Covid-19.

"Saya nanti yang akan disuntik pertama, nanti juga didahului dokter-dokter dan perawat, kemudian diikuti masyarakat lainnya," ungkapnya.

Jokowi dijadwalkan akan disuntik vaksin buatan Sinovac pada Rabu (13/1/2021) pekan depan. Proses vaksinasi presiden akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah media nasional.

Baca Juga : Kemenkes Angkat Bicara Soal Dosis Keempat dan Suntik Vaksin COVID-19 Tiap Tahun

Sumber: Bisnis

#Vaksin Covid-19