Selasa, 05 Januari 2021 15:09

Masukan Rizieq Shibab, FPI Berganti Nama Lagi dari Front Persatuan Islam Jadi Front Persaudaraan Islam

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Aziz Yanuar. (Foto: Detik)
Aziz Yanuar. (Foto: Detik)

Perubahan nama menjadi Front Persaudaraan Islam ini hasil kesepakatan bersama dan masukan dari Habib Rizieq Shihab (HRS).

RAKYATKU.COM - Front Pembela Islam (FPI) mendeklarasikan diri dengan nama baru menjadi Front Persatuan Islam usai dilarang pemerintah. Kini nama itu kembali berganti menjadi Front Persaudaraan Islam.

"Namanya (berganti lagi) menjadi Front Persaudaraan Islam, insyaallah," kata kuasa hukum FPI Aziz Yanuar, Selasa (5/1/2021).

Perubahan nama ini dilakukan karena organisasi kemasyarakatan (ormas) baru ini belum memiliki anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART).

Baca Juga : Munarman Divonis Tiga Tahun Penjara, Jauh Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa

Aziz mengatakan perubahan nama menjadi Front Persaudaraan Islam ini hasil kesepakatan bersama dan masukan dari Habib Rizieq Shihab (HRS).

"Iya, kan, itu sebenarnya belum pasti namanya. Belum ada AD/ART-nya. Jadi itu sebenarnya bukan berubah (nama), tapi dinamis saja, menyesuaikan, ada masukan-masukan. Iya namanya yang akan disepakati, bukan berganti, namanya yang akan disepakati, insyaallah," jelasnya.

"(Nama Front Persaudaraan Islam) masukan dari beliau (Habib Rizieq)," ujar Aziz saat ditanya apakah pergantian nama ini permintaan Habib Rizieq atau tidak.

Baca Juga : Tiga Mantan Petinggi FPI di Makassar Ditangkap Densus 88, Ada Panglima dan Bahkan Ketua

Lalu bagaimana untuk daerah yang telah mendeklarasikan Front Persatuan Islam? Aziz mengatakan daerah-daerah yang telah mendeklarasikan Front Persatuan Islam hanya perlu kembali menyesuaikan namanya saja.

"Ya nggak apa-apa, nggak apa-apa. Nanti kan ada dinamika lagi, mereka tinggal menyesuaikan AD/ART-nya kalau memang jadi organisasi baru, gitu," kata Aziz.

Dia pun menerangkan AD/ART Front Persaudaraan Islam masih dikonsolidasikan. Aziz memperkirakan AD/ART Front Persaudaraan Islam selesai dalam minggu ini.

Baca Juga : Diduga Munarman Terlibat Baiat ISIS, Densus 88 Geledah Bekas Markas FPI di Makassar

"Belum, belum. Masih dikonsolidasikan lagi, nanti akan diumumkan AD/ART-nya. Mudah-mudahan dalam pekan ini (AD/ART diumumkan)," tutur Aziz.

Sumber: Detik

#FPI