Rabu, 23 Desember 2020 13:13

JNE Konsisten Berbagi Kebahagiaan saat Masa "Paceklik", Performa Bisnis Tumbuh Melejit

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kantor JNE Makassar. (Foto: JNE Makassar)
Kantor JNE Makassar. (Foto: JNE Makassar)

Pengiriman sepanjang tahun di tengah pandemi, meningkat 15-20 persen. Didominasi oleh e-commerce.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pandemi corona virus disease (COVID-19) banyak memukul kinerja berbagai sektor. Banyak usaha terpaksa menghentikan operasional dan merumahkan karyawannya.

Namun, tidak demikian dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE. Performa bisnis perusahaan jasa ekspedisi logistik terkemuka di tanah air ini justru melejit di masa "paceklik".

Branch Manager JNE Makassar, Suci Indah Permatasari, mengungkapkan, pengiriman sepanjang tahun di tengah pandemi, meningkat 15-20 persen. Pengiriman didominasi oleh e-commerce.

"Namun, untuk barang yang masuk khususnya ke area Sulselbar (Sulawesi Selatan dan Barat) mengalami penurunan 5 persen. Puncaknya di awal tahun disebabkan oleh adanya pembatasan transportasi dan beberapa pembatasan lainnya," beber Suci kepada Rakyatku, Rabu (22/12/2020).

Secara nasional, Vice President Marketing JNE, Eri Palgunadi, belum lama ini mengungkapkan bahwa sepanjang semester I 2020, peningkatan kinerja JNE tercatat tumbuh 30 persen.

Pertumbuhan itu didorong pula dari pertumbuhan industri logistik dan e-commerce di masa pandemi. "Kebutuhan masyarakat akan layanan jasa pengiriman ternyata semakin tinggi di era pandemi. Peningkatan signifikan berasal dari pengiriman transaksi e-commerce," ucap Eri.

 

Atas performa bisnis yang oke pada 2020, Suci optimistis menghadapi 2021. Berbagai rencana pun telah disusun dan akan dipublikasi pada awal tahun depan. "Jaringan akan terus ditambahkan dengan berbagai produk-produk baru yang segera di-publish," beber Suci.

Suci mengungkapkan, salah satu yang akan tetap menjadi menjadi fokus utama ke depan adalah pelayanan. Dalam membangun bisnis, kata dia, yang dikedepankan tidak sekadar pendekatan kemitraan bisnis, tetapi juga personal kepada pelanggan.

Saat ini, JNE Makassar telah menerapkan layanan jempolan, khususnya di Kota Makassar. Hal itupun akan diadopsi ke daerah-daerah. "Layanan akan ditingkatkan khususnya pengantaran di daerah-daerah kabupaten. Ada penambahan beberapa jaringan di 2021," beber Suci.

Asal tahu saja, saat ini JNE Makassar punya tiga kantor perwakilan di Makassar yang memberikan layanan penjualan. Lalu ada satu gudang khusus servis untuk JNE tracking (JTR) logistik pengiriman laut dan darat. Selain itu, ada satu di Kabupaten Mamuju, Sulbar.

Kado Spesial di Hari Natal
JNE punya cara tersendiri untuk memanjakan pelanggan di momen Natal tahun ini. Ini adalah bagian dari berkomitmen untuk terus berbagi kebahagian kepada semua.

JNE memberikan kado spesial berupa potongan tarif alias diskon ongkos kirim 50 persen bagi pelanggan yang bertransaksi pada 25 Desember 2020.

Promo JNE di hari Natal ini berlaku untuk transaksi langsung di kantor perwakilan JNE di 15 kota, yakni, Medan, Jayapura, Timika, Kupang, Ambon, Manado, Pontianak, Makassar, Mataram, Sorong, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Jambi, dan Silangit.

Tidak sampai di situ, JNE juga memberikan hadiah voucher belanja bagi pelanggan yang berswafoto dengan ornamen Natal yang terdapat di kantor cabang utama di 13 kota, termasuk kantor pusat JNE.

Bagaimana caranya? Ikuti akun Instagram JNE @JNE_id, lalu swafoto dengan ornamen Natal seperti pohon Natal, santaclaus atau gate Natal. Lalu, unggah foto di akun Instagram kalian dengan keterangan berupa doa dan harapan Natal.

Jangan lupa tag akun JNE_id dan ajak teman kalian. Sertakan pula tagar #30TahunBahagiaBersama #ConnectingHappiness #JNESelfieNatal.

Tiga Dekade
Saban hari, Presiden Direktur JNE, M Feriadi Soeprapto, mengungkapkan, hingga 30 atau tiga dekade, JNE selalu mengutamakan kebahagiaan dan kepuasan pelanggan.

Sebagai perusahaan logistik, JNE tidak sekadar pengantar paket kepada penerima, melainkan mengantarkan kebahagiaan kepada banyak orang.

"Dalam menjalankan bisnis, JNE memiliki tagline 'Connecting Happiness' yang berarti mengantarkan kebahagiaan. Maknanya luas, sehingga jika bicara tentang JNE, maka bukan hanya tentang pengiriman paket, namun dalam berbagai aspek di setiap kehidupan masyarakat. Hal ini karena empat sektor, yaitu SDM, infrastruktur, teknologi informasi, dan lingkungan sekitar, menjadi perhatian utama perusahaan," beber Feriadi.

Selama 30 tahun ini, sumbangsih besar JNE telah melayani masyarakat di bidang jasa pengiriman ekspres dan logistik dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan lingkungan sekitar. Salah satunya, dengan kepedulian JNE menggratiskan pengiriman penanganan COVID-19.

#JNE #JNE30Tahun #30tahunbahagiabersama #connectinghappiness #JNE 30 Tahun #30 Tahun Bahagia Bersama #Connecting Happiness