Selasa, 29 Desember 2020 16:27

Disdukcapil Barru Luncurkan Kartu Identitas Anak, Terbanyak di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran yang bertempat di lantai enam Menara Pemkab Barru, Selasa (29/12/2020).
Peluncuran yang bertempat di lantai enam Menara Pemkab Barru, Selasa (29/12/2020).

Disdukcapil Barru telah mencetak 10.220 kartu atau 20,45 persen dari 49.970 wajib KIA.

RAKYATKU.COM, BARRU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Barru meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA). Modelnya sama dengan KTP-el orang dewasa.

KIA diperuntukkan bagi anak usia di bawah umur 17 tahun. Di dalam Permendagri Nomor 2 Tahun 2016, KIA memiliki beragam manfaat di antaranya, memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. KIA juga dibutuhkan untuk pendaftaran sekolah.

Disdukcapil Barru telah mencetak 10.220 kartu atau 20,45 persen dari 49.970 wajib KIA. Jumlah ini telah melampaui target awal nasional, yakni 20 persen.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Proses pencetakan dilakukan selama kurun waktu satu tahun belakangan. Data diperoleh dari Akte Kelahiran anak yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Barru.

Ke depan, proses pencetakan KIA, datanya akan diambil dari kerja sama pihak sekolah via daring mulai dari tingkat TK hingga SMA. Ini akan memudahkan pemenuhan Kartu Identitas Anak.

Dalam peluncuran yang bertempat di lantai enam Menara Pemkab Barru, Selasa (29/12/2020), Kadis Dukcapil Barru, Nasaruddin, menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga proses peluncuran KIA bisa berlangsung.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

"KIA ini merupakan salah satu inovasi baru dari Disdukcapil dalam program 'LanCar D'Dukcapil 7311'. Dengan KIA ini diharapkan dapat memenuhi perlindungan dan hak anak," tutur Nasaruddin.

Kadis Dukcapil Provinsi Sulawesi Selatan, Sukarniaty, mengapresiasi peluncuran KIA di Barru. Menurutnya, Kabupaten Barru telah mencetak jumlah KIA terbanyak di Sulawesi Selatan. Hal ini diharapkan menjadi menjadi motivasi bagi daerah lain.

"Data kependudukan adalah hal paling mendasar. Di mana-dimana data sangat dibutuhkan. Selamat atas peluncuran KIA di Kabupaten Barru," kata Sukarniaty memberikan semangat seperti dikutip dalam sambutannya.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

Apresiasi juga datang dari Bupati Barru, Suardi Saleh. Menurutnya inovasi tersebut berjalan sesuai dengan harapannya. Pemerintah daerah dibawah kepimpinan Suardi Saleh dan Nasruddin terus mendorong agar seluruh instansi menciptakan inovasi.

"Kami terus terus berupaya menciptakan inovasi baru agar Kabupaten Barru bisa berbeda dengan daerah lainnya. Tujuan dasarnya adalah memberikan kebahagiaan kepada masyarakat," ucap Suardi.

Seputar tentang KIA
Pada dasarnya model identitas KIA mirip KTP-el orang dewasa. Kartunya berwarna merah muda. Tidak memiliki chip seperti KTP-el.

Baca Juga : Kerukunan Keluarga Santri Asal Barru Halalbihalal di Kantor Pemkab Barru

KIA memiliki scan barcode didalamnya berisi nomor kependudukan. Anak usia lima tahun ke bawah tidak terlampir pas foto dalam KIA.

Khusus di Barru telah disiapkan 27 ribu blangko untuk mendukung kelancaran pencetakan KIA.

Penulis : Achmad Afandy
#Disdukcapil Barru #Pemkab Barru