Selasa, 29 Desember 2020 14:31

Ada 1 Juta Lowongan CPNS 2021

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Untuk profesi guru akan dibuka formasi sebanyak 260 ribu sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Kemudian untuk tenaga kesehatan akan dibuka lowongan sekitar 100 ribuan.

RAKYATKU.COM - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada 2021 nanti. Ada satu juta lowongan yang akan dibuka untuk formasi tertentu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan, saat ini ada sekitar 4,2 juta PNS di seluruh Indonesia baik di Kementerian Lembaga (K/L) hingga Pemerintah Daerah (Pemda).

Namun, masih dibutuhkan lagi tenaga profesi. "Tahun depan kita tambah lagi 1 juta (ASN)," ujar Tjahjo yang dikutip melalui akun YouTube Kemenag, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga : Ini Formasi Lengkap CPNS dan PPPK di Sulsel Beserta Lokasi Penempatannya

Seleksi satu juta CPNS ini akan dibuka bagi profesi guru untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan tenaga Kesehatan mulai dari dokter hingga perawat.

Untuk profesi guru akan dibuka formasi sebanyak 260 ribu sesuai dengan kebutuhan pemerintah. Kemudian untuk tenaga kesehatan akan dibuka lowongan sekitar 100 ribuan.

 

"Mudah-mudahan lewat perencanaan dan rekrutmen dan sebagainya bisa tertata, terdata berapa ASN yang kita butuhkan," jelasnya.

Baca Juga : Formasi Guru Hanya untuk PPPK, Kepala BKD Sulsel: Kami Sudah Usulkan tetapi Tak Diterima

Dalam kesempatan itu, Tjahjo juga mengatakan pemerintah berencana untuk menetapkan gaji minimal PNS naik jadi Rp 9 juta per bulan.

Menurutnya, kenaikan gaji ini karena pemerintah menaikkan tunjangan kinerja PNS di 2021.

Peningkatan tunjangan ini akan diberikan kepada seluruh PNS di Indonesia. Bahkan, peningkatan tunjangan untuk PNS ini dikatakan telah dibahas bersama dengan Kementerian Keuangan.

Baca Juga : Ini Aturan Lengkap Jam Kerja PNS saat Ramadan

"Jadi (gaji) pegawai paling rendah ASN itu bisa minimal Rp 9 juta sampai Rp 10 juta," jelas Tjahjo.

Sumber: CNBC Indonesia

#Penerimaan CPNS 2021 #KemenPAN-RB