Sabtu, 26 Desember 2020 19:02

20 Migran Tenggelam di Pesisir Tunisia, 4 di Antaranya Hamil

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: AP Photo.
Foto: AP Photo.

Sembilan belas dari 20 migran yang tenggelam itu adalah perempuan.

RAKYATKU.COM - Pihak berwenang Tunisia, Jumat (25/12) waktu setempat, mengatakan empat di antara 20 migran yang mayatnya ditemukan di pesisir Tunisia setelah perahu yang mereka tumpangi tenggelam, diketahui berada dalam kondisi hamil.

Upaya pencarian masih dilakukan untuk menemukan 13 migran lain yang masih hilang.

Sembilan belas dari 20 migran yang tenggelam itu adalah perempuan, demikian keterangan Mourad Torki, juru bicara pengadilan di kawasan Sfax, di bagian tengah Tunisia.

Baca Juga : Tangis Irwan Pecah, Istri dan 2 Anaknya Korban Kapal Tenggelam di Perairan Pangkep

Petugas penjaga pantai dan nelayan lokal menemukan sejumlah mayat dan membawa mereka ke tepi pantai, memasukkan ke kantung-kantung mayat dan memindahkannya ke rumah sakit di dekat lokasi di mana para dokter melakukan autopsi.

Empat migran berasil diselamatkan. Satu orang masih berada dalam pengawasan medis, satu lainnya telah meninggalkan rumah sakit itu.

Perahu yang berada dalam kondisi buruk dan penuh sesak itu, membawa 37 orang, 3 warga Tunisia dan lainnya dari sub-Sahara Afrika.

Baca Juga : Kapal Tenggelam di Perairan Pengkep, Lima Penumpang Tewas

Di tengah angin kencang dan gelombang tinggi, kapal-kapal penjaga pantai dan para penyelam Angkatan Laut mencari 13 migran lain yang hilang, tetapi hingga Jumat (25/12/2020) belum menemukan mayat lain.

Pihak berwenang Tunisia mengatakan telah mencegat beberapa perahu penyelundup migran baru-baru ini, tetapi jumlah mereka yang berupaya menyebrangi laut terus meningkat, terutama diantara kawasan Sfax dan Pulau Lampedusa di Italia.

Perahu-perahu penyelundup migran kerap meninggalkan pesisir Tunisia dan negara tetangganya Libya dengan membawa orang dari seluruh Afrika, termasuk sejumlah warga Tunisia yang melarikan diri dari kesulitan ekonomi berkepanjangan di negaranya.

Baca Juga : Kapal Penumpang Tenggelam di Perairan Pangkep, Tiga Orang Belum Ditemukan

Sumber: VOA Indonesia

#Tunisia #kapal tenggelam