Kamis, 17 Desember 2020 15:03

Sangat Indah, Tapi Sayang Danau ini Sangat Mematikan di Dunia

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Picture: @tweezer_nsk
Picture: @tweezer_nsk

Para pengunjung untuk tidak mendekati wilayah ini karena berisiko menyebabkan iritasi, dan mungkin masalah kesehatan lainnya.

RAKYATKU.COM - Disebut juga Novosibirsk TEZ-5, Novosibirsk Maldives, atau dikenal juga dengan julukan Maldives Lake, merupakan sebuah danau buatan terbesar yang berlokasi di Siberia, Rusia. Danau ini sudah dibangun sejak tahun 1970 silam.

Dilansir dalam CNN, Novosibirsk Maldives merupakan danau buatan yang digunakan untuk menampung abu dan limbah dari pabrik batu bara, berupa cairan berwarna hijau tosca dengan semburat warna biru yang sangat cantik.

Setelah bertahun-tahun, lokasi danau pun semakin besar dan airnya terlihat semakin cantik. Kondisi ini makin sempurna karena di sekitar danau, terlihat pemandangan berwarna putih yang membuat lokasi ini makin terlihat seperti Maldives.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

Karena tampilannya yang sangat cantik, Novosibirsk Maldives akhirnya banyak diburu travellers, terutama mereka para pencari foto.

Mereka tidak peduli dengan status Novosibirsk Maldives yang merupakan tempat pembuangan limbah. Yang penting, danau ini terlihat sangat cantik dalam frame.

Pihak pabrik sendiri sudah menghimbau kepada masyarakat Siberia, dan para pengunjung untuk tidak mendekati wilayah ini karena beresiko menyebabkan iritasi, dan mungkin masalah kesehatan lainnya, terlebih menurut pengukuran, kadar pH airnya mencapai lebih dari 8 dikutip dari keepo.me. 

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Alih-alih menurut, justru pengunjung Novosibirsk Maldives malah semakin banyak. Tidak hanya masyarakat Siberia, banyak juga orang yang datang dari wilayah lainnya di Rusia untuk sekadar mengabadikan momen mereka saat bermain di Novosibirsk Maldives.

Hal ini terlihat dari foto-foto yang diunggah di Instagram @maldives_nsk, yang memperlihatkan beberapa orang nekat berfoto di area danau, bahkan diantara mereka ada yang menaiki floaties hingga ke tengah danau.

Dijelaskan oleh juru bicara Siberian Generating Company, perusahaan pemilik Novosibirsk Maldives, danau tersebut merupakan pembuangan abu dan air dengan kandungan alkaline yang sangat tinggi, sehingga beresiko menyebabkan masalah kulit dan reaksi alergi lainnya.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

Tidak hanya itu, danau ini pun sangat dalam dengan karakter air yang cukup padat, plus lumpur tebal di dalamnya. Jadi kalau kamu tenggelam, kemungkinan besar untuk selamat sangat rendah. Kalaupun selamat, tidak bakalan hidup normal karena paparan bahan kimia berbahaya di dalamnya.

#viral #danau