Rabu, 16 Desember 2020 15:02

Resmi! Jokowi Tetapkan Vaksin Covid-19 Gratis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Joko Widodo.
Joko Widodo.

"Saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis, sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali."

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan bahwa vaksin Covid-19 akan digratiskan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Jokowi mengatakan pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk menanggung semua biaya dalam program vaksinasi untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Hari ini saya ingin menyampaikan perkembangan vaksin Covid-19 jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis, sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Jokowi dalam video keterangan persnya dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Jokowi menginstruksikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, untuk segera menyusun anggaran program vaksinasi gratis untuk seluruh masyarakat.

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan Kementerian Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain dari ketersediaan vaksinasi gratis ini sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat tidak mendapatkan vaksin," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia telah mendatangkan 1,2 juta kandidat vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac, dan akan menyusul 1,8 dosis selanjutnya. Vaksin ini rencananya akan disuntikkan ke tenaga kesehatan sebagai prioritas pertama.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Sumber: Suara

#Vaksin Covid-19 #Satgas Covid-19 #Joko Widodo