Senin, 14 Desember 2020 19:04

Budi Hartono Masih Nomor Satu, Aksa Mahmud Terdepak, Inilah 50 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Robert Budi Hartono. Forbes
Robert Budi Hartono. Forbes

Laporan tersebut menunjukkan adanya sejumlah pengusaha yang terdepak dari daftar orang terkaya.

RAKYATKU.COM - Dua bersaudara pemilik grup Djarum, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, masih menduduki peringkat pertama orang terkaya di Indonesia yang dirilis majalah Forbes.

Total kekayaannya mencapai USD 38,8 miliar atau setara Rp 549,27 triliun (kurs Rp 14.156). Angka tersebut berjarak cukup jauh dengan keluarga Eka Tjipta Widjaja di peringkat kedua, yang mencatatkan kekayaan USD 11,9 miliar atau Rp 168,46 triliun.

Laporan tersebut juga menunjukkan adanya sejumlah pengusaha yang terdepak dari daftar orang terkaya. Seperti kakak beradik pemilik maskapai Lion Air Kusnan dan Rusdi Kirana.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

Selain itu, dari keseluruhan nama, hanya ada dua pengusaha perempuan, yakni Arini Subianto dan Kartini Muljadi. Berikut rangkumannya:

Presiden Direktur PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk, Kardja Rahardjo, termasuk salah satu pengusaha yang tak lagi masuk daftar orang kaya Tanah Air. Sebelumnya, Kardja menempati posisi ke-31 pada tahun 2019 dengan jumlah pundi-pundi mencapai USD 1,02 miliar.

Adapun nama lain yang turut keluar dari daftar, Kusnan dan Rusdi Kirana yang merupakan pemilik Lion Air. Sebagaimana diketahui, maskapai penerbangan mereka itu termasuk lini usaha yang terdampak pandemi COVID-19. Dua bersaudara ini sebelumnya bertengger di urutan ke-38 dengan catatan kekayaan USD 835 juta dilansir dari kumparan.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Pengusaha lainnya yang keluar dari daftar, pendiri Bosowa Corporindo Aksa Mahmud. Dengan jumlah harta USD 710 juta di tahun 2019, Aksa tercatat sebagai orang terkaya ke-44 kala itu.

Terakhir, Pengusaha Donald Sihombing juga tak lagi masuk dalam deretan orang terkaya. Pemegang saham terbesar PT Totalindo Eka Persada Tbk itu tahun lalu berada di posisi ke-34 dengan catatan kekayaan USD 970 juta.

Dari 50 nama, hanya ada 2 perempuan pengusaha yang bertahan dalam laporan Forbes. Mereka yakni Arini Subianto dan Kartini Muljadi. Mereka sudah masuk di daftar 50 orang terkaya Indonesia itu sejak beberapa tahun lalu.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

Kartini Muljadi yang merupakan pemilik Tempo Group, tahun ini berada di urutan orang terkaya ke-42. Jumlah kekayaan perempuan berusia 90 tahun ini, mencapai USD 620 juta atau setara Rp 8,77 triliun.

Sementara Arini Subianto menempati urutan ke-43 dengan total harta USD 610 juta atau Rp 8,63 triliun. Presiden Direktur Persada Capital Investama itu juga tercatat sebagai satu dari 3 pengusaha yang masih berusia di bawah 50 tahun.

#forbes #orang terkaya indonesia #viral