Jumat, 04 Desember 2020 16:01

Hampir Seumur Ibunya, Bayi ‘Tertua’ di Dunia Berhasil Lahir

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Seorang bayi di Tennessee, AS, berhasil dilahirkan dengan selamat. Dia dinobatkan sebagai bayi 'tertua' di dunia, karena diyakini sebagai embrio beku terlama yang pernah dilahirkan dalam keadaan hidup.

RAKYATKU.COM - Seorang bayi di Tennessee, AS, berhasil dilahirkan dengan selamat. Dia dinobatkan sebagai bayi 'tertua' di dunia, karena diyakini sebagai embrio beku terlama yang pernah dilahirkan dalam keadaan hidup.

Molly Everette Gibson lahir pada 20 Oktober 2020. Dia berasal dari embrio yang dibekukan pada Oktober 1992 atau sekitar 28 tahun yang lalu. Ibu Molly, Tina, sekarang berusia 29 tahun. Dia lahir sekitar 18 bulan lebih awal saat Molly membeku dalam bentuk embrionya.

Bisa dibilang, mereka berdua berada di Bumi dalam waktu yang hampir sama, meski terpisah satu generasi. “Sulit untuk memercayainya. Tapi, sejauh ini yang kamu tahu, Molly adalah keajaiban kecil kami,” kata Tina Gibson kepada New York Post.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

Molly berhasil memecahkan rekor yang dipegang bayi lain sebagai embrio beku terlama yang pernah dilahirkan. Dia adalah Emma Wren Gibson yang embrionya dibekukan selama 24 tahun sebelum akhirnya lahir pada 2017.

Emma kebetulan adalah kakak perempuan Molly. Artinya, Molly dan Emma adalah satu keluarga yang keduanya berasal dari embrio beku 28 tahun lalu dan berhasil terlahir ke dunia. Ya, Molly dan Emma adalah saudara kandung yang dibekukan bersamaan. Embrio keduanya disumbangkan oleh orang tua asli mereka yang sampai saat ini dirahasiakan namanya.

Dengan kata lain, Emma dan Molly adalah embrio yang dihasilkan dari orang tua sama. Keduanya dilahirkan oleh ibu angkat mereka, yakni Tina. Hanya saja, mereka harus menunggu waktu cukup lama untuk lahir ke dunia, menghirup udara Bumi dan melihat sinar mentari.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Kelahiran Molly difasilitasi oleh National Embryo Donation Center (NEDC), di Knoxville, sebuah organisasi nirlaba yang menerima sumbangan embrio dari orang tua kandung yang telah menjalani fertilisasi in vitro (IVF).

Dalam kasus seperti, orang tua lebih memilih menyimbang embrio beku mereka ke NEDC ketimbang dibuang secara sia-sia. NEDC akan menyimpannya dan menggunakan embrio di kemudian hari setelah ada calon orang tua angkat yang menginginkannya. Permintaan embrio kebanyakan dari mereka yang mengajukan permohonan untuk adopsi, membawa dan melahirkan embrio.

Sejauh ini, NEDC berhasil memfasilitasi lebih dari 1.000 persalinan. Emma dan Molly mewakili kasus kelahiran paling luar biasa karena keduanya adalah embrio beku terlama yang berhasil dilahirkan ke dunia. Kelahiran mereka memberikan bukti unik tentang berapa lama embrio beku bisa bertahan yang belum dipahami secara jelas.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

“Selama embrio disimpan dengan baik di dalam tangki penyimpanan nitrogen cair pada suhu minus 396 derajat, kami merasa embrio akan bertahan selamanya. Dengan kelahiran Molly, kami tahu mereka dapat bertahan hidup setidaknya 27 setengah tahun dan mungkin lebih lama,” ujar Carol Sommerfelt, direktur lab NEDC, seperti dikutip New York Post.

#viral #Unik #aneh