Jumat, 16 Oktober 2020 14:37

Pemkot Parepare Berinovasi Kembangkan Arsip Elektronik

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Parepare Berinovasi Kembangkan Arsip Elektronik

Inisiasi ini berawal dari adanya hambatan dalam melakukan report untuk masing-masing program, kegiatan, tugas dan fungsi di masing-masing jabatan di BKPSDMD.

RAKYATKU.COM,PAREPARE--Sejalan dengan semangat Kota Inovasi seperti yang selalu digaungkan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare terus melakukan inovasi untuk menguatkan organisasi dan memudahkan pelayanan.

Kini yang dikembangkan BKPSDMD Parepare adalah inovasi Arsip Elektronik.

Kepala BKPSDMD Parepare melalui Sekretaris BKPSDMD, Adriani Idrus mengatakan, BKPSDMD terus melakukan penguatan organisasi, menyamakan persepsi dan merubah pelayanan untuk administrasi agar pejabat struktural dan pelaksana di BKPSDMD bisa fokus dalam melakukan tugas dan fungsinya masing-masing.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

"Seperti contoh, surat masuk dan surat keluar atau dokumen yang telah selesai prosesnya harus masuk dan keluar di satu tempat yaitu sekretariat. Ini bertujuan agar selain kita dapat mengetahui tindak lanjut surat yang masuk, juga kita bisa mengelola arsip secara elektronik dalam satu pintu,” ungkap Adriani, Jumat (16/10/2020).

Karena itu, kata Adriani, pengembangan dari inovasi Nawaitu tahun lalu, tahun ini BKPSDMD akan melakukan inovasi Arsip Elektronik.

"Dan dengan penguatan pelayanan di BKPSDMD satu pintu, itu memudahkan untuk melakukan monitoring dan evaluasi kinerja internnya kami," terang Adriani.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

Adriani mengemukakan, inisiasi ini berawal dari adanya hambatan dalam melakukan report untuk masing-masing program, kegiatan, tugas dan fungsi di masing-masing jabatan di BKPSDMD. Itu ditambah adanya waktu yang cukup lama mencari arsip beberapa tahun lalu.

"Sehingga ada pemikiran kami untuk mencoba melakukan inovasi ini. Jadi pelayanan dan arsip itu cukup satu tempat," beber Adriani.

Dengan begitu, kata Adriani, bisa dikontrol kinerja masing-masing seksi dan bidang di BKPSDMD.

Baca Juga : Perampok di Parepare Gasak Uang dan Puluhan Karton Rokok, Receiver CCTV Turut Dibawa Kabur

“Kemudian kami tetap melakukan proses pelayanan satu pintu sesuai konsep awal pada inovasi BKPSDMD tahun lalu. Jadi ini merupakan inovasi selanjutnya untuk BKPSDMD, yaitu Arsip Elektronik," tandas Adriani.

Di tempat lain, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengapresiasi inovasi Kantor BKPSDM. Taufan Pawe mengemukakan banyak hal yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Dia pun mendukung jajarannya dalam setiap inovasi yang dikembangkan.

Penulis : Hasrul Nawir
#parepare